Milad ke-28, Ini Layanan dan Program Baru LPPOM MUI pada 2017

gomuslim.co.id- Memasuki awal tahun 2017, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) genap berusia 28 tahun. Sejalan bertambahnya usia LPPOM MUI akan terus akan meningkatkan pelayanan bagi umat.

Milad LPPOM MUI jatuh pada tanggal 6 Januari 2017, namun acara Tasyakuran digelar pada, Rabu (25/01) di Kantor MUI Pusat Jalan Proklamasi, Jakarta. Kegiatan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan peran LPPOM MUI di bidang halal, lembaganya terus melakukan pembenahan.

“Kesadaran akan halal semakin meningkat dari waktu ke waktu. Perdagangan internasional yang menganut pasar bebas juga sudah mulai peduli dengan produk halal,” ujarnya.

Menurut Lukman peningkatan standar layanan itu salah satunya ditandai dengan akreditasi laboratorium halal LPPOM MUI oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada November 2016. Dengan akreditasi itu maka laboratorium tersebut telah sesuai dengan presyaratan SNI ISO 17025: 2008.

Akreditasi diberikan untuk pengujian Deteksi Porcine DNA atau kandungan babi, menggunakan real time PCR dengan ruang lingkup daging dan produk olahannya. Selain itu akreditasi dengan nomor LP-1040-DN itu juga mencakup bahan sediaan obat atau farmasi dan bumbu.

Selain itu, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LPPOM MUI juga sudah mengikuti proses akreditasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lingkup LSP LPPOM MUI memastikan kompetensi SDM di bidang rantai pasok halal seperti auditor halal, penyelia halal, juru sembelih halal dan lainnya. 

LPPOM MUI sudah dikunjungi oleh Auditor Lisensi BNSP untuk memastikan kesesuaian dengan persyaratan pendirian LSP. Adapun penyerahan simbolik surat lisensi dari BNSP ke LSP LPPOM MUI dilakukan saat acara.

Mengenai capaian lainnya, ada peningkatan jumlah registrasi sertifikasi di tahun 2016. "Animo industri tinggi untuk sertifikasi halal, baik dalam dunia pangan maupun obat. Peningkatan dari 2015 ke 2016 signifikan sekali," kata Lukman.

Sementara, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan, pada usianya yang ke-28 tahun, LPPOM MUI dengan segala kelebihan dan kekurangan telah mampu menunjukkan kinerja sebagai lembaga halal yang diakui seluruh dunia. Selain itu keberadaan lembaga itu juga dinilai semakin penting dalam meningkatkan kualitas produk nasional.

Saat ini LPPOM MUI sudah mengaplikasikan teknologi informasi untuk proses sertifikasi halal secara online melalui aplikasi Cerol-SS23000 yang dikembangkan sendiri. Tahun ini, salah satu gebrakannya adalah keberadaan online payment dalam sistem sertifikasi halal online melalui payment gateway yang terakreditasi keamanannya. Rencananya ini sudah siap pada 1 Maret mendatang.

Program lainnya yang jadi bagian rencana tahun ini adalah Halal Short Movie Competition. Bekerjasama dengan Salman ITB Film Academy, masyarakat diajak membuat film pendek bertema 'Halal is My Life'. (nat/dbs)

 

 


Back to Top