Lengkap dengan Perpustakaan, Inilah Taman Syariah Pertama di Kota Parepare Sulawesi Selatan

gomuslim.co.id- Parepare merupakan sebuah kota dengan beragam pesona. Terletak di sebuah teluk yang menghadap ke Selat Makassar semakin mempercantik kota di Provinsi Sulawesi Selatan ini. Tak hanya itu, sejumlah pariwisata menarik pun ada di kota kelahiran cendikiawan Muslim sekaligus mantan Presiden Republik Indonesia yang ke-3 Ir Burhanuddin Jusuf Habibie.

Baru-baru ini, pemerintah kota Parepare telah membangun sebuah wisata dengan konsep Islami bernama Taman Syariah. Meski belum rampung sepenuhnya, taman yang dibangun di samping Kompleks Kantor Dinas Kota Parepare ini hadir sebagai pilihan wisata baru bagi masyarakat setempat.

Tampak di tengah taman dibuatkan tugu yang dihiasi lafadz Allah dengan perpaduan air mancur. Selain itu, taman yang diperuntuhkan sebagai tempat bersantai khususnya jamaah yang hendak salat di masjid dekat taman didominasi dengan warna hijau. Tanamannya pun selain rerumputan juga ditanami pohon kurma.

Pembangunan taman ini dikerjakan melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah dengan anggaran Rp 1,1 miliar. Tempat baru untuk bersantai ini bukan hanya cocok dikunjungi pada siang dan sore hari tetapi malam hari pun bisa karena dilengkapi dengan penerangan lampu warna-warni.

Rencananya pembangunan Taman Syariah (Syariah Garden) tahap II akan kembali dilanjutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Parepare. Walikota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan kelanjutan Taman Syariah tahap II nantinya akan menghadirkan konsep Taman Bacaan Islam dalam bentuk perpustakaan.

“Ini untuk memanjakan warga supaya menambah wawasan tentang ajaran Islam. Sumber-sumber bacaan Islam seperti Filsafat Islam, Sejarah Islam, Tafsir, Hadits dan bacaan bernuansa Islam lainnya, yang khusus dibaca di tempat,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Kata Taufan, nantinya, jamaah masjid yang sementara menunggu waktu salat Magrib bisa bersantai sambil membaca buku islam yang ada di perpustakaan yang memang taman ini berdekatan dengan masjid. 

Lebih lanjut, Taufan mengungkapkan bahwa pihaknya juga berencana akan melengkapi Taman Syariah tersebut dengan fasilitas internet, dan sejumlah fasilitas lainnya. “Hal ini tentu saja demi kenyamanan warga kota Parepare maupun wisatawan yang datang berkunjung,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare, Amarun Agung Hamka, menambahkan kepedulian Pemkot terhadap pembangunan ummat, telah dibuktikan dengan adanya Taman Syariah ini. “Taman Syariah ini, adalah wujud nyata pembangunan keummatan juga mendapat perhatian. Selain itu, tentunya memiliki manfaat secara meluas,” ungkapnya. 

Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Parepare menganggarkan pembangunan perpustakaan Islam sebesar Rp 850 juta. "Perpustakaan yang isinya nanti buku islami dengan anggaran Rp 850 juta dan merupakan pembangunan tahap dua Taman Syariah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Parepare, Amir Lolo.

Ia mengatakan prosesnya sejauh ini tidak ada kendala. Dalam waktu dekat, kata dia, akan laksanakan pengerjaan pembangunan Taman Syariah lanjutan ini. Taman Syariah merupakan pembangunan yang dikerjakan 2016 lalu dengan lahan bekas tumpukan alar berar milik Pemkot kemudian di tata sebagai tempat bersantai bernuansa islami. (njs/dbs)

 


Back to Top