Kini Kemenag Gratiskan Perizinan Travel Umrah

gomuslim.co.id– Menteri Agama Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta pada Rabu (25/01) lalu. Dalam rancangan peta jalan e-government dan layanan publik Kemenag, PTSP adalah wujud awal pengintegrasian layanan yang selama ini terkotak-kotak dan tidak saling mendukung.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam menyebutkan bahwa saat ini Kemenag sedang berupaya menyempurnakan sistem dan berbagai dukungan lainnya seperti penguatan sumber daya manusia, perangkat infrastruktur, dan sebagainya. Beberapa layanan PTSP yang sudah tersedia sejak awal 2017 ini di antaranya adalah perizinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Sebelumnya, perizinan PPIU didaftarkan ke Sub Direktorat Pembinaan Umrah, namun saat ini semua dokumen permohonan perizinan PPIU diserahkan ke PTSP. Kasubdit Pembinaan Umrah, M. Arfi menegaskan bahwa semua dokumen persyaratan permohonan izin baru maupun perpanjangan PPIU diserahkan ke PTSP.

Setelah semua dokumen PPIU diverifikasi di PTSP, Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang penetepan izin PPIU akan diberikan kepada pemohon. Menurut Arfi, saat ini proses perizinan PPIU dan SOP masih sama dengan amar dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.K

Ke depannya, proses perizinan tersebut akan disesuaikan dengan asas dan prinsip pelayanan publik yang di antaranya berupa transparansi, akuntabilitas, kejelasan, dan ketepatan waktu. Selain itu, Arfi juga menyampaikan bahwa proses pengurusan izin PPIU tidak dikenakan biaya apa pun.

Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan komitmen Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dalam reformasi birokrasi. Selain itu, hal ini juga merupakan usaha Kementerian Agama dalam merespon positif program Presiden dalam pemberantasan pungutan liar.

Menurut karyawan PPIU PT. Jamila Ricky yang sedang mengajukan perpanjangan izin PPIU, perusahaan tempatnya bekerja tidak pernah membayar apa pun dalam proses perizinan PPIU. Ricky mengungkapkan bahwa sejak 2007 perusahaan tempatnya bekerja tidak pernah membayar proses perizinan PPIU.  

Sekedar informasi tambahan, layanan PTSP lain yang tersedia sejak awal 2017 ini di antaranya pengurusan izin pembukaan program studi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), penyetaraan ijazah luar negeri, pendirian Ma'had Aly pada pondok pesantren, serta pengaduan umum. Selain itu, pegawai Kemenag yang ingin mengajukan surat tugas dan surat izin belajar juga bisa melalui PTSP ini. (ihs/kemenag/Foto ilustrasi: arminaplus)

Komentar

  • sahrun

    24 Juni 2019

    syarat dapat izin ppiu

    ass wr wb. mohon informasi utk dapat izin ofrasional umrah supaya tidak di persulit..kita mengadu kemana dan sistem seperti apa.....?


    Reply






















Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top