MAN 1 Yogyakarta Rutinkan 'One Day One Hadits' dalam Program Daily Dhuha

gomuslim.co.id- Alquran dan Hadits merupakan dua warisan utama dalam ajaran Islam. Keduanya menjadi sumber rujukan serta pedoman hidup bagi seluruh umat Islam di dunia. Selain  itu, Alquran dan Hadits juga menjadi patokan khusus dalam pendidikan di sekolah. Seperti di MAN 1 Yogyakarta ini.

Di sekolah ini, sebelum memulai pembelajaran selalu dilakukan pembiasaan kegiatan religius seperti doa, tadarus Alquran, pembacaan Asmaul Husna, dan shalat Dhuha yang terjadwal. Semua kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan karakter Islami para siswa.

Aktifitas rutin yang bertajuk "Daily Dhuha" tersebut wajib diikuti siswa sesuai jadwal. Hari Senin dan Selasa untuk siswa kelas X, Rabu dan Kamis untuk kelas XI, Jumat dan Sabtu untuk kelas XII. Siswa yang terjadwal shalat dhuha, sebelum bel pukul 07.00 WIB berbunyi sudah siap berada di Masjid Al Hakim, MAN 1 Yogyakarta.

Sedangkan, siswa yang tidak terjadwal shalat Dhuha tetap di kelas untuk berdoa, tadarus dan melantunkan Asmaul Husna. Mereka juga melakukan shalat dhuha ketika baru tiba di madrasah atau pada saat istirahat pertama.

Ketua Program Studi Agama MAN 1 Yogyakarta Muhammad Amin MA mengatakan bahwa kegiatan shalat Dhuha bersama ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi shalat sunnah khususnya shalat Dhuha. Melalui kegiatan tersebut, ia juga berharap, agar seluruh siswa MAN 1 Yogyakarta terbiasa melakukan shalat dhuha sebagaimana mereka sudah terbiasa shalat wajib.

Lebih lanjut, Amin mengungkapkan setelah hampir sebulan kegiatan shalat Dhuha secara bersama tersebut dilaksanakan, ternyata respon dari siswa sangat positif. “Terbukti sudah banyak siswa yang siap di masjid sebelum pukul 07.00 WIB. Bahkan siswa yang tidak terjadwal shalat dhuha pada hari itu pun, banyak yang mengerjakan dhuha sebelum bel berbunyi," ujarnya.

Amin menambahkan disamping kegiatan ini, sesudah shalat Dhuha selalu disampaikan satu hadits pilihan oleh siswa program studi agama. Hal ini dimaksudkan untuk melaksanakan program One Day One Hadits. Pelaksanaan program One Day One hadits yang mengiringi kegiatan Daily Dhuha ini diawali oleh siswa Prodi Agama sebagai contoh.

"Diharapkan juga siswa dari prodi yang lain pun nantinya bisa menyampaikan hadits pilihan pada forum ini," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Karakter Keagamaan MAN 1 Yogyakarta Taufiq Zamhari MSi menjelaskan kegiatan shalat Dhuha bersama ini tidak permanen. "Besok kalau seluruh siswa sudah merasa shalat dhuha sebagai kebutuhan, hingga tanpa disuruh mereka melakukannya, maka kegiatan shalat dhuha ini dilaksanakan secara mandiri," tuturnya.

Menurut Taufiq, hal selanjutnya akan dibangun karakter religius yang lain pada siswa. Hal ini dimaksudkan sebagai implementasi motto MAN 1 Yogyakarta "Prestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami".

Secara terpisah, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs H Wiranto Prasetyahadi MPd mengatakan pembiasaan shalat Dhuha bersama, pelafalan asmaul husna, One day One Hadits tersebut, selain dimaksudkan untuk pembinaan karakter religius siswa, juga dimaksudkan untuk memohon barokah dan rezeki Allah.

“Jangan menganggap rezeki itu hanya uang. Ilmu yang bermanfaat, kemudahan menerima ilmu, badan yang sehat, semua itu juga termasuk rezeki,” tandasnya. (njs/dbs)


Back to Top