Desa Hakuba Jadi Destinasi Wisata Ramah Muslim di Negeri Sakura

gomuslim.co.id- Jepang memiliki desa wisata yang sangat toleransi dengan keberagaman agama dan budaya, terutama dengan umat Muslim. Desa wisata itu bernama Hakuba yang terletak di Prefektur Nagano, Jepang. Desa wisata ini dikenal mulai tahun 2010, kebanyakan dari mereka yang datang ke Hakuba adalah wisatawan asal Korea, Hong Kong, Taiwan, Australia, dan Amerika Serikat.

Wakil Kepala Desa Hakuba, Humitoshi Oota mengatakan bahwa pihaknya baru mengetahui bahwa Muslim tidak makan daging babi dan minum minuman beralkohol. Dan mulai saat itu Hakuba menjadi tempat wisata yang ramah Muslim.

“Pada tahun 2010, pertama kalinya kami menerima pemuda Muslim ke Hakuba. Namun saat itu kami belum menyediakan makanan halal, jadi agak sulit,” ujar Oota.

Seiring berjalannya waktu, saat ini Hakuba mulai menyediakan sejumlah restoran atau kedai dengan makanan halal. “Kami masih berusaha untuk menyediakan makanan halal untuk Muslim, mulai dari tidak menggunakan bahan-bahan yang mereka memang tidak makan,” ungkapnya.

Selain itu berdasarkan pantauan manajemen desa wisata Hakuba, beberapa wanita berhijab juga berkunjung ke Hakuba. Ainah salah satunya, wisatawan asal Brunei Darussalam itu, mengaku nyaman ketika berkunjung ke Hakuba.

"Penginapan yang saya tempati ternyata menyediakan makanan halal dan juga menyediakan tempat beribadah serta ada kiblatnya untuk shalat," ungkap Ainah.

Dia juga mengatakan desa wisata tersebut juga ramah dengan budaya dan kebiasaan warga asing yang datang ke Hakuba. “Jadi, jangan ragu untuk datang ke sini bagi para Muslim,” imbuhnya.

Hakuba adalah sebuah desa pariwisata yang terletak di Prefektur Nagano, Jepang. Memakan waktu sekitar tiga jam dari Tokyo, wisatawan bisa menggunakan kereta cepat Shinkansen dan melanjutkan perjalanan dengan bus.

Namun, jika ingin menikmati pemandangan dari Tokyo ke Nagano, bisa pula menggunakan bus dan hanya menghabiskan empat jam perjalanan. Kegiatan musim dingin ski dan trekking dapat dinikmati sepanjang tahun. Sebuah pemandangan Pegunungan Alpen Jepang Hakuba adalah sebuah resor pegunungan, membentang dari kaki Pegunungan Hakuba-Sanzan (Hakuba tiga gunung) di barat laut Nagano, di mana wisatawan dapat menikmati ski, trekking dan semua jenis olahraga dan kegiatan lainnya sepanjang tahun.

Megah pemandangan Utara Jepang Alpen dan pegunungan yang indah lainnya adalah fitur yang paling direkomendasikan dari daerah ini. Sejauh enam kilometer panjang Happo-One Shizen-Kenkyu-ro (jalur studi alam) adalah program trekking yang mudah populer. Sebuah kereta gantung yang selalu beroperasi sepanjang tahun, kereta gantung itu menawarkan petualangan berjalan di udara sambil menikmati pemandangan lautan pohon di bawahnya.

Sedangkan Azumino terletak di daerah pertengahan dan hulu dari Azusa-gawa sungai di selatan Hakuba. Ini adalah daerah pastoral yang membentang ke utara dari Cekungan Matsumoto. Kehijauan padang rumput dan salju yang tersisa di Utara Jepang Alpen bersama-sama membentuk pemandangan yang damai. (nat/jepanginfo/viva)

 


Back to Top