Lewat Program Desa Quran, Rumah Wakaf Indonesia Berantas Buta Huruf Alquran

gomuslim.co.id- Kini berbagai program digalakkan demi memberantas masyarakat yang masih buta huruf membaca Alquran. Salah satunya adalah lembaga sosial Rumah Wakaf Indonesia (RWI), yang sedang  mencanangkan program binaan belajar agama dan wakaf Alquran setiap desa seluruh Indonesia. Hal ini diupayakan untuk membangun masyarakat muslim agar tidak buta huruf terhadap kitab suci Alquran.

Direktur RWI Soleh Hidayat menuturkan pihaknya akan terus bertekad dalam memperluas jaringan binaan di setiap desa yang ada di kabupaten dan kota se-Indonesia. Program Desa Quran merupakan optimalisasi dari program wakaf Alquran yang diinisiasi oleh RWI sejak September 2015.

“Hingga saat ini, RWI telah mendirikan 15 Desa Quran yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Nusa Tenggara dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 2.240 orang,” pungkasnya.

Program tersebut ditujukan pada pembinaan di wilayah rawan aqidah dan daerah pedalaman. Berdasarkan perkembangan tahun 2016, program Desa Quran dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Soleh menambahkan, program tersebut membantu kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan ilmu agamanya dengan belajar membaca dan mempelajari Alquran. Selain itu Desa Quran juga membina lingkungan menjadi lebih agamis.

Pihaknya berharap agar, program pembinaan masyarakat untuk berantas buta huruf Alquran akan semakin mendorong masyarakat Indonesia peduli dan menyalurkan wakafnya untuk program Desa Quran.

“Semakin banyak masyarakat yang peduli, maka masyarakat akan terbebas dari buta huruf Alquran di berbagai pelosok Indonesia, kami juga menyalurkan Alquran braile untuk masyarakat Indonesia penyandang tunanetra, RWI memfasilitasi donatur untuk menghimpun kebaikan melalui program-program wakaf yang disalurkan,” terang Soleh menjelaskan.

Rumah Wakaf Indonesia (RWI) berdiri sejak tahun 2009 dan disahkan sebagai Lembaga Wakaf Nasional pada tahun 2010. Sejak tahun 2014 Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator pengelolaan wakaf di Indonesia telah menerbitkan izin RWI sebagai Lembaga Pengelolaan Wakaf Tunai.

Kini RWI telah mengelola beragam program wakaf produktif seperti sekolah, rumah sakit, lahan peternakan, pertanian, dan property. Sementara dalam program wakaf charity RWI mengimplementasikan wakaf dalam program jembatan, desa Alquran, sarana Masjid, dan sarana sekolah.

Program Wakaf Alquran dan pembinaan Alquran dengan mengirimkan Da’i Alquran sebagai Fasilitator untuk mengajarkan Alquran di wilayah rawan aqidah, pedesaan serta wilayah kota untuk terbebasnya masyarakat muslim yang buta huruf Alquran, hadirnya komunitas masyarakat pembaca Alquran, penghapal serta pengamal Alquran yang akan menghadirkan masyarakat yang berahlakul kharim.

Sasaran Program Desa Alquran yakni menyambangi wilayah daerah rawan Aqidah, masyarakat daerah pedesaan dan perkotaan, serta wilayah integrated community development.  Untuk Investasi Program Desa Alquran: Wakaf Alquran sebesar 425 ribu (1 eksemplar Qur’an dan pembinaan) dan Wakaf Alquran Braille Rp. 120 ribu per 1 juz atau Rp. 3.250.000 per 30 juz (sudah termasuk pembinaan selama satu tahun). (nat/rwi/dbs)

 

 


Back to Top