Gelar Aksi Damai, Marinir Muslim Ini Lakukan 'Dialog on The Street' Keliling AS

gomuslim.co.id- Maraknya kasus Islamphobia yang terjadi di beberapa negara minoritas Muslim membuat seorang mantan marinir Muslim Amerika melakukan perjalanan ke berbagai tempat dengan membawa tulisan misi dakwah bertajuk “Aku Seorang Marinir Muslim Amerika, Tanyalah Apa saja”.

Dialah Mansoor Shams, seorang veteran, yang bertugas di Marinir AS dari tahun 2000 sampai 2004. Dia adalah pemilik usaha kecil dan kini aktif dalam organisasi kepemudaan Islam, melalui aksi tersebut ia mencoba menjawab berbagai pertanyaan mengenai Islam. Shams akan menjawab segala pertanyaan mengenai Islam kepada orang yang bertanya kepadanya, seperti dilansir dari publikasi aboutislam.

“Pertanyaan yang paling sering ditanyakan mereka di antaranya hukum Syariah, hak-hak perempuan, ISIS dan homoseksualitas,” kata Shams.

Lanjut Shams, sayangnya ada banyak asumsi yang dibuat ketika masyarakat melihat seorang Muslim. “Tapi apa yang saya temukan adalah bahwa percakapan dan dialog, memiliki peran besar dalam mengkonfirmasi hal yang sebenarnya, dan itu sangat bermanfaat,” katanya.

Meskipun menghadapi banyak kesalahpahaman, ia masih percaya bahwa melalui dialog yang ia lakukan telah memberikan efek yang positif, membuat orang terbuka untuk bertanya dan mengetahui lebih banyak tentang Islam.

“Bagi saya, satu orang bisa membuat perbedaan besar. Karena sekarang ketika orang itu bersama lingkaran teman-temanya, dan jika ada beberapa yang anti-Islam, semacam lingkungan Islamophobia, saya tahu bahwa dia akan berbicara pada saat itu dan berkata, Kau tahu apa, tidak mari kita tidak melukis semua orang dengan kuas yang luas,” tukas Shams.

Shams tidak merasa usaha yang dilakukannya terbuang percuma. “Saya pikir jika saya bisa membuat perbedaan atau mengubah proses berpikir dari satu individu, saya merasa sangat puas,” ujarnya meyakini.

Shams percaya bahwa meskipun di sejumlah negara Islamphobia masih mendera umat Muslim akan ada perubahan positif yang bisa diperbuat umat Islam.

Selain itu, sebuah fakta baru-baru ini dari Pew Research Center merilis hasil penelitian mereka mengenai prediksi populasi Muslim di Amerika Serikat. Mereka memprediksikan sebelum tahun 2040 Islam menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen di AS. 

Pew Research Center juga memperkirakan ada sekitar 3,3 juta Muslim dari segala usia yang tinggal di Amerika Serikat pada 2015. Ini berarti bahwa umat Islam terdiri sekitar satu persen dari total penduduk Amerika Serikat (sekitar 322 juta orang pada tahun 2015). Dan angka itu akan berlipat pada tahun 2050. (nat/dbs)

 

 


Back to Top