Filipina Segera Bangun Halal Hub untuk Sentra Industri Produk Halal

gomuslim.co.id- Belakangan ini istilah Halal Hub tengah menjadi perbincangan di sejumlah negara, Halal Hab merupakan simpul-simpul kerja sama kegiatan dalam hal manajemen, produksi, sertifikasi dan konsultasi yang dilakukan oleh negara-negara yang memiliki kepentingan dalam pengembangan dan pemasaran produk Halal.

Mulai dari proses penyimpanan, pengepakan hingga jual beli wajib berlandaskan syariat Islam. Saat ini Indonesia pun tengah mempersiapkan Halal Hub di satu area di Pulogadung, Jakarta Timur. 

Sementara, yang kini marak dibicarakan negara Philipina dengan masyarakat Muslim Mindanaonya akan segera membangun area Halal Hub. Gubernur Mujiv Hataman di daerah otonomi Muslim Mindanao (Armm’s) telah mengumumkan Polloc Freeport dan Ecozone di Parang, Maguindanao sebagai Halal Hub, lingkungan tersebut menjadi yang pertama berkonsep Halal, seperti dilansir dari publikasi Sunstar.

Hataman mengatakan, kini Pemerintah Armm’s secara kontinyu dan bekerja keras untuk menciptakan kemungkinan pasar Halal di area ini terwujud. Area ini seperti juga di negara lain dan menjadi industri yang menghasilkan multi-triliunan dolar.

“Deklarasi pembangunan zona ekonomi Halal ini akan menarik masyarakat lokal dan para investor asing untuk impor produk Halal dan berbagai layanan,” ujar Hataman.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Armm's Regional Economic Zone Authority (REZA), Aleem Guaipal, menilai dengan adanya pembangunan zona ekonomi industri Halal, Philipina akan semakin siap dan lebih banyak mendapatkan dukungan investasi. Guiapal mencatat saat ini REZA terus membangun kemitraan dengan para investor potensial.

"Kami menghadapi peluang yang luar biasa di area ini, jadi kami ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan pasar, dibanding zona ekonomi lain di Philipina,” imbuh Guaipal.

Tambahnya, deklarasi ini menjadi medium untuk menunjkkan visi keberlangsungan dari ekonomi Armm’s. Muslim Mindanao seharusnya mengambil peluang ini ketika pasar Halal di dunia sedang terus berkembang. 

Halal Hub yang merupakan zona ekonomi ini, adalah area yang terpilih dan dibangun secara besar-besaran berpotensi untuk pengembangan agri industri, industri, wisata dan rekreasional, komersial, perbankan, investasi dan pusat keuangan.

“Jika Armm memiliki zona ekonomi sendiri artinya akan semakin banyak peluang bagi Philipina,” tambahnya.

Saat ini pasar bagi produk Halal Philipina adalah negara-negara Timur Tengah, Singapura, Brunei, Indonesia, Malaysia dan negara berkembang lain di area Asia Timur.

Tujuan utama dari Halal Hub adalah menyediakan platform kredibel yang mampu menjembatani rantai pasok produk Halal global. Hal ini akan sangat menjadi upaya yang bermanfaat bagi setiap individu maupun organisasi yang memiliki pandangan jauh kedepan dalam mengembangkan bisnis Halal secara global. (nat/dbs) 

 


Back to Top