Apresiasi Hafidz Quran, Universitas Jambi Terima Calon Mahasiswa Tanpa Seleksi

gomuslim.co.id- Sebuah apresiasi diberikan oleh Universitas Jambi (Unja) kepada siswa/i lulusan SMA/SMK/MA penghafal Alquran (hafidz) 30 juz. Mereka diperkenankan masuk perguruan tinggi negeri Unja tanpa melalui tahapan seleksi.

Kepala Humas Universitas Jambi, Akbar Kurnia Putra mengatakan bahwa kebijakan Rektor Universitas Jambi telah memberikan fasilitas khusus bagi hafiz Quran 30 juz untuk masuk Unja tanpa seleksi dan tes apapun. Mereka dapat memilih fakultas dan jurusan manapun sesuai dengan program studi di sekolah asal masing-masing.

Sementara itu, Rektor Unja Prof. Johni Najwan, beberapa waktu lalu mengaku telah menegaskan komitmen perguruan tinggi yang dipimpinnya itu untuk memberikan fasilitas khusus bagi hafiz Quran 30 juz. 

“Penerimaan mahasiswa tahun 2017 ini, merupakan tahun kedua bagi universitas negeri satu-satunya di Kota Jambi itu menerima hafiz Quran 30 juz menjadi mahasiswa baru tanpa melalui jalur seleksi,” ujar Akbar, seperti yang dilansir dari publikasi Antara.

Lanjut Akbar, pada penerimaan mahasiswa tahun 2016 lalu, Unja menerima sebanyak tujuh hafiz Quran 30 juz. Mereka tersebar di beberapa fakultas di sini. Tahun 2017 ini diharapkan bisa lebih banyak lagi hafiz Quran yang bergabung di Unja.

Menurutnya, tidak semua di fakultas pendidikan dan kejuruan saja, namun menyebar di beberapa fakultas lainnya. Sementara itu Unja telah memiliki trik khusus untuk memastikan siswa hafiz telah hafal 30 juz.

"Kami memiliki tim penilai untuk memastikan mereka benar-benar menguasai dan hafal 30 juz. Unja merupakan satu-satunya universitas yang menerima siswa hafiz Quran 30 juz dalam jalur penerimaan mahasiswa barunya," tukas Akbar.

Kebijakan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap para siswa hafiz Quran dan memacu generasi muda untuk ikut jejak mereka dalam menghafal Alquran sekaligus bagian dari pembangunan mental dan intelektual generasi muda.

Sementara itu, Universitas Jambi pada penerimaan mahasiswa baru 2017-2018 akan menerima sebanyak 6.500 mahasiswa baru. Selain melalui jalur jalur khusus hafiz Quran 30 juz juga melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Bersama (UMB) Unja. 

Universitas Jambi (Unja) adalah perguruan tinggi negeri di Jambi, Indonesia, yang berdiri pada 23 Maret 1963. Program Diploma Kependidikan dibuka pada tahun 1980 yang kemudian berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tahun 1982.

Bersamaan dengan itu Universitas Negeri Jambi berubah nama menjadi Universitas Jambi. Pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1982, Unja menetapkan 5 fakultas.

Kemudian pada tahun 1990 dibuka Program Diploma untuk pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), melalui proyek Depdikbud (Dirjen Dikti) sampai dengan tahun 1996 dan dilanjutkan programnya setelah proyek selesai oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meliputi program PGSD (D2), PGSLTP (D3) dan PGSM (S1).

Pada tahun 1996 sesuai dengan keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud No.211 tahun 1996 tanggal 11 Juli 1996 telah dibakukan nama program studi di Universitas Jambi yang terdiri dari 14 program studi. (nat/dbs) 

 


Back to Top