Donasi untuk Siswa Yatim, PKPU dan OIC Sumbang 1.485 Paket Peralatan Sekolah di Aceh

gomuslim.co.id- Guna meningkatkan kesejahteraan anak yatim di Aceh, PKPU Human Initiative bekerja sama dengan Organization of Islamic Conference (OIC) menyalurkan paket sekolah untuk yatim Aceh sebanyak 1.485 buah. Paket perlengkapan sekolah yang disumbangkan terdiri terdiri dari tas, alat tulis, dan sepatu ini diberikan kepada anak-anak yatim yang tersebar di wilayah Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang. 

Pada penyaluran bantuan Direktur OIC Mughni Affan dan koordinator program Malikul saleh menyerahkan secara simbolik di kantor PKPU Aceh, Rabu (01/02), seperti yang diansir dari publikasi resmi PKPU.

Koordinator program Malikul Saleh berharap pemberian bantuan paket perlengkapan sekolah ini bisa mengurangi beban orang tua dalam menyediakan kebutuhan sekolah untuk anak-anaknya.  “Semoga ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan baik, serta bertambah semangat dalam melanjutkan sekolah hingga tercapai cita-cita," ungkap Malikul.

Tambah Malikul, program ini merupakan program rutin dari Bidang Orphan Kafala Program (OKP) PKPU yang bekerja sama dengan OIC yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya untuk membantu meringankan beban wali yatim dalam bidang pendidikan. 

“Anak-anak juga diberikan beasiswa setiap bulannya hingga mereka lulus sekolah menengah atas sehingga mereka mendapatkan pendidikan yang layak sama halnya dengan anak-anak yang masih memiliki orangtua utuh,” katanya.

Dalam perkembangannya, PKPU menyadari bahwa potensi dana ummat yang berasal dari Zakat, Infaq dan Shadaqah sangat besar. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia bisa mengoptimalkan dana ZIS-nya untuk memberdayakan masyarakat miskin.

Pada tanggal 8 Oktober 2001, PKPU mendapat pengukuhan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional sesuai dengan SK. Menteri Agama RI No 441. Hal itu membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat kepada PKPU semakin besar.

Pada hari Selasa, 22 Juli 2008, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU telah memperoleh register di PBB sebagai lembaga dengan status “Special Consultative Status” dari Economic and Social Council (Ecosoc).

Sedangkan aktivitas lembaga yang dilakukan meliputi; Pengumpulan Dana dan Bantuan Masyarakat yang terdiri atas; Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan Wakaf serta dana CSR Perusahaan, Dana Khusus bencana kemanusiaan, Pakaian, bahan makanan (sembako) dan obat-obatan, Dana Hewan Kurban dan lain sebagainya.

Misi Penyelamatan Kemanusiaan, terdiri atas; Aksi di Daerah-daerah Bencana Alam dan Kemanusiaan, Daerah kritis dan minus, Rehabilitasi Kemanusiaan, Rehabilitasi fasilitas kesehatan dan air bersih, Rehabilitasi fasilitas pendidikan, Rehabilitasi fasilitas ibadah, Rehabilitasi fasilitas ekonomi. Sedangkan Pembangunan Masyarakat, meliputi Pemberdayaan ekonomi umat, Pendidikan alternatif, Pembangunan pelayanan kesehatan mandiri, dan Distribusi hewan kurban

Keseluruhan aktivitas tersebut didedikasikan pada umat dan rakyat Indonesia untuk bersama. PKPU mengedepankan slogannya yang berbunyi “Menggugah Nurani Menebar Peduli”. (nat/pkpu/dbs)

 


Back to Top