NTB Gelar Pesta Diskon di Ajang Lombok-Sumbawa Great Sale 2017

gomuslim.co.id- Nusa Tenggara Barat (NTB) makin mendunia. Pernyataan tersebut agaknya tak berlebihan, karena memang Lombok telah mendapat tempat di hati para traveller muslim dunia. Apalagi saat NTB menang di ajang World Halal Tourism Award (WHTA), Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) dua tahau  berturut-turut (2015-2016). Untuk mengakomodir minat para turis tersebut, NTB tak hentinya meluncurkan inovasi, seperti pada Februari 2017 lewat ajang pesta diskon.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat selama sebulan yakni 1 sampai 28 Februari akan menyelenggarakan Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 dengan memberikan diskon besar-besaran kepada wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal dalam rilisnya menjelaskan kegiatan Lombok Sumbawa Great Sale 2017 akan diikuti pelaku industri pariwisata mulai hotel, biro perjalanan, restoran, rumah makan, maskapai penerbangan, hingga UMKM.

"Kita ingin menyampaikan pesan kepada dunia pariwisata, Lombok dan Sumbawa bisa dinikmati wisatawan dengan harga yang terjangkau," katanya.

Menurut Faozal, wisatawan yang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa akan dimanjakan dengan potongan harga (diskon), seperti menginap di hotel berbintang dengan harga yang cukup bervariatif mulai 40 persen sampai 70 persen.

"Paket khusus ini di 62 hotel di bawah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB," katanya.

Selain itu, Dinas Pariwisata sedang melakukan komunikasi dengan pihak maskapai penerbangan sehingga bisa memberikan potongan, seperti maskapai Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, dan Lion. Garuda Indonesia sudah memberikan potongan 15-20 persen," ujarnya.

Faozal juga memaparkan bahwa  paket-paket diskon ini juga berlaku di 18 unit lokasi usaha di Lombok International Airport (LIA). Karena,  lokasi bandara merupakan etalasenya NTB.

Adapun, acara pembukaan pesta diskon bertajuk Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 pada Rabu (1/2) resmi digelar. Dalam event ini, Faozal menargetkan event yang ditujukan sebagai antisipasi low season ini dapat menarik sedikitnya 3 ribu kunjungan wisatawan ke NTB, sepanjang Februari.

 Ia menjelaskan, dalam event ini, sekitar 189 unit usaha terlibat memberikan diskon khusus, antara lain, sebanyak 69 hotel dan resor yang memberikan diskon tarif sewa kamar antara 30 hingga 70 persen dari harga normal, 45 restoran dan kuliner lesehan yang memberi diskon 15 hingga 30 persen, serta puluhan outlet kerajinan dan souvenir dan oleh-oleh khas NTB.

Bidik Transaksi Rp 18 Miliar

Sebanyak 49 dari 100 unit usaha yang ada di LEM Mataram yang  juga menawarkan diskon dalam event Lombok Sumbawa Great Sale 2017. Faozal  memperkirakan, total transaksi dalam event Great Sale 2017 ini diharapkan menyentuh angka Rp 18 miliar.

Untuk menikmati fasilitas diskon dalam Lombok-Sumbawa Great Sale, wisatawan domestik dan mancanegara, cukup menunjukan boarding pass pesawat dan kartu identitas di hotel, restoran, pusat kuliner dan kerajinan souvenir yang bertanda Lombok Sumbawa Great Sale.

"Brosur katalog great sale juga disediakan di terminal kedatangan LIA, pengunjung yang datang bisa lebih mudah menemukan fasilitas diskon sesuai keinginan," tambah Faozal.

Pagelaran Lombok Sumbawa Great Sale 2017 ini akan menghadirkan 189 pelaku industri pariwisata dengan jenis produk yang berbeda-beda, mulai dari hotel, airlines, restoran, hingga industri ekonomi kreatif dan UMKM. (fau/disbudparntb/dbs)


Back to Top