Tampil di Liga Basket Paling Bergengsi, Inilah 5 Pebasket Muslim di NBA Musim 2016-2017

gomuslim.co.id- National Basketball Association (NBA) merupakan liga bola basket pria di Amerika Serikat (AS). Sebagai liga bola basket terbesar dan paling bergengsi di dunia, NBA merupakan rumah bagi pebasket terbaik dari berbagai latar belakang berbeda. NBA tak mengenal perbedaan suku, ras dan agama.

Sejumlah atlet NBA pun banyak yang beragama Islam. Bahkan, beberapa pebasket Muslim ini berjaya dan menjadi bintang di NBA. Mereka adalah Kareem Abdul Jabbar, Hakeem Olajuwon, Shareef Abdur-Rahim, Shaquille O'Neal hingga Rasheed Wallace. Pada musim 2016/2017, NBA juga memiliki banyak pemain beragama Islam. Beberapa di antaranya menjadi tulang punggung klub-klub NBA. Berikut nama-nama pemain basket NBA yang Muslim:

Pertama, adalah Dion Waiters. dia merupakan pemain andalan Miami Heat. Sejak kepergian Dwyane Wade ke Chicago Bulls, Waiters kini menjadi mesin angka Heat. Pekan lalu Waiters tampil gemilang membantu Heat mengalahkan Golden State Warriors.

Waiters sempat jadi sorotan publik Amerika. Dia dikabarkan menolak menyanyikan lagu kebangsaan The Star-Spangled Banner karena faktor agama. “Itu karena agama saya (Islam). Itulah mengapa saya tetap berada di ruang ganti," kata Waiters sebagaimana publikasi dari Northeast Ohio Media Group.

Namun Waiters buru-buru membantah kabar tersebut. Di laga-laga selanjutnya, Waiters ikut menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Kedua, Enes Kanter. Saat ini, dia bermain untuk Oklahoma City Thunder bersama Russell Westbrook. Kanter musim ini jadi langganan starter di Thunder usai kepergian Serge Ibaka ke Orlando Magic. Pemain asal Turki ini sudah sejak tahun 2011 mencoba kerasnya persaingan di NBA. Dia memperkuat Utah Jazz di awal kariernya di Amerika Serikat.

Ketiga, Dennis Schroder. Dia menjadi point guard nomor satu Atlanta Hawks musim ini. Dia mengisi posisi yang ditinggalkan Jeff Teague. Kepercayaan Hawks menjadikannya sebagai starter dibayar dengan permainan apik. Schroder sering mencetak double-double musim ini.

Pemain 23 tahun ini berasal dari Jerman. Tak banyak yang tahu Schroder ternyata beragama Islam. Ibu Schroder berasal dari Gambia, sedangkan ayahnya berkewarganegaraan Jerman. Di tengah kesibukannya bermain di NBA, Schroder rajin beribadah. Dia tak mau minum-minuman keras. Schroder juga memiliki tatto bertuliskan "Insha’Allah".

Keempat, Al-Farouq Aminu. Pemain 26 tahun itu merupakan pebasket berdarah Nigeria. Aminu saat ini berman untuk Portland Trail Blazers. Sebelumnya dia pernah main untuk Los Angeles Cliipers, Dallas Mavericks dan New Orleans Pelicans. Putra dari pasangan Aboubakar dan Anjirlic Aminu ini merupakan pemeluk agama Islam yang taat. Meski bisa membela timnas Amerika, Aminu lebih memilih main bersama timnas Nigeria.

Terakhir ada nama Jusuf Nurkic berasal dari Bosnia Herzegovina. Pemain 22 tahun itu baru dua musim bermain di NBA. Dia memperkuat Denver Nuggets. Musim lalu Nurkic tidak terlalu banyak berperan karena diganggu cedera. Namun Nurkic diprediksi bakal memegang peran cukup penting di Nuggets pada musim ini. Nurkic menjadi pelapis bagi duet Kenneth Farried dan Nikola Jokic. (njs/dbs)

 


Back to Top