Permudah Jemaah, Lion Air Buka Rute Penerbangan Umrah di Bandara Hang Nadim Batam

gomuslim.co.id- Ibadah haji dan umrah merupakan dambaan bagi setiap muslim di seluruh dunia. Ibadah yang hanya dilakukan di tanah suci Mekkah, Arab Saudi ini tentu memerlukan sebuah transportasi yang cepat dan efisien. Adapun transportasi yang menjadi idola para jamaah untuk ibadah ini adalah pesawat terbang.

Baru-baru ini, maskapai penerbangan Lion Air berencana menerbangkan jemaah umroh dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam mulai 7 Februari 2017. Dengan adanya kebijakan baru ini, jamaah umrah dapat terbang langsung dari Batam ke Arab Saudi tanpa harus melakukan perjalanan dari Jakarta.

General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan rencana ini baru dibicarakan dalam sebuah rapat beberapa waktu lalu. “Kemarin sudah ada rapat. Kemungkinan mulai 7 Februari nanti biro perjalanan di Batam memberangkatkan jamaah umroh melalui Hang Nadim dengan maskapai Lion Air,” kata Suwarso di Batam.

Lebih lanjut, Suwarso menuturkan penerbangan langsung tersebut dilakukan beberapa kali sesuai dengan jumlah jamaah yang akan melaksanakan ibadah umrah. “Rencanannya ada beberapa kali penerbangan. Jamaah yang hendak diberangkatkan dari Hang Nadim Batam ada banyak,” tambah dia.

Menurut Suwarso, pihak bandara Hang Nadim sendiri menyambut baik rencana penerbangan untuk jamaah umrah tersebut. Hal demikian mengingat fasilitas yang dimiliki oleh bandara sangat mumpuni untuk sebuh penerbangan internasional termasuk dengan pesawat berbadan lebar.

“Tentu kami sambut baik rencana ini, mengingat kami juga sudah memiliki fasilitas mumpuni untuk melayani penerbangan internasional dengan pesawat besar. Landas pacu kami menjadi yang terpanjang di Indonesia yaitu dengan 4,025 kilometer,” kata Suwarso.

Pada tahun 2016 lalu, penerbangan umroh yang dilayani Lion Air dengan Airbus A330 dari Banjarmasih Kalimantan Selatan dan Makassar Sulawesi Selatan juga transit di Hang Nadim Batam. Meskipun hal tersebut untuk keperluan pengisian bahan bakar sebelum melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi. Demikian pula sebaliknya sebaliknya.

"Untuk tahun ini, rencanannya memang baru yang langsung dari Batam. Mudah-mudahan dari daerah lain juga akan ada lagi. Hal ini tentu baik supaya jamaah asal daerah tidak perlu jauh ke Bandara di Ibukota,” kata dia.

Untuk diketahui, setiap tahunya, Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga digunakan untuk penerbangan haji empat provinsi yaitu sebagian Jambi, Riau, Kalimantan Barat, serta seluruh wilayah Provinsi Kepri. Bandara Hang Nadim merupakan fasilitas milik Badan Pengusahaan Batam yang kini berstatus Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) yang dikelola langsung oleh lembaga tersebut.

Sebelumnya, Lion Air telah membuka pelayanan penerbangan umrah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju Jeddah. Penerbangan tersebut dimulai pada desember 2016 lalu dengan menggunakan pesawat Airbus 330-342 yang diproduksi tahun 2015.

Selain itu, penerbangan umrah Lion Air juga berlaku di Bandara internasional Juanda Surabaya. Direktur Niaga Lion Air Achmad Hasan mengatakan, permintaan masyarakat terhadap penerbangan umrah semakin meningkat. Lion Air terus berkomitmen menyediakan penerbangan tersebut. "Kami akan melayani penerbangan umrah dua kali sehari atau 12 kali seminggu," kata dia. (njs/dbs)


Back to Top