Gadis Ini Jadi Hafidzah Quran Termuda Pertama di Inggris

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, dikabarkan ada seorang gadis berusia 7 tahun bernama Maariya Aslam asal Inggris berhasil menghafal 30 Juz Alquran. Atas prestasi luar biasanya ini, Maariya dinobatkan sebagai hafidza termuda pertama di Inggris. Maariya Aslam yang tinggal di Luton, Inggris ini mulai menghafalkan Alquran sejak usia lima tahun dan menghafalkannya dalam waktu dua tahun.

Sejak usia lima tahun, Maariya telah hafal Surat Yaasin dan menjadi tantangan untuk mengumpulkan dana bagi warga Suriah. Tak lama setelah itu, Maariya berhasil menyelesaikan hafalan juz terakhir dari Alquran di madrasah tempatnya bersekolah.

Ibu Maariya mengatakan bahwa untuk meraih prestasi ini tidak mudah dan dibutuhkan banyak kesabaran, seperti yang dilansir dari publikasi IlmFeed. 

“Saya melihat Maariya adalah pembelajar yang cepat dan berharap bisa menjadi hafidzah. Karena tak ada sekolah tahfidz di Inggris, saya memutuskan untuk membimbing Maariya sendirian,” ujar ibu Maariya.

Dalam mendidik kemampuannya menghafal Alquran, pihak orang tuanya sepakat menerapkan jadwal yang ketat, di mana Maariya akan belajar selama lima jam sehari.

“Maariya mulai belajar menghafal sebelum berangkat sekolah, setelah sekolah dan setelah makan malam,” imbuh ibu Maariya.

Untuk memotivasi, ia membebaskan Maariya bisa memilih hadiah apapun yang ia inginkan setiap kali menyelesaikan sebagian hafalan Alquran. “Maariya sering meminta hadiah sederhana seperti mainan, buku gambar atau makan di restoran,” tambahnya.

Usaha keras orang tua Maariya terbayar ketika dalam kurun waktu tahun yakni pada usia tujuh tahun, Maariya berhasil menghafal 30 juz dalam Alquran. Sementara itu sebagai bentuk apresiasi sebuah upacara hifdh juga digelar untuk merayakan prestasi Maariya.

Pada awalnya Maariya melakukan hafalan Alquran sambil menggalang dana untuk anak-anak di Suriah dan terkumpul sekitar £3.500 (Rp 67 juta). Akun Facebooknya pun diikuti oleh sekitar 11.000 followers dalam waktu sekitar empat bulan.

Di akun Facebooknya Ibunya menulis "Maariya membuat kami sangat bangga sebagai orang tua. Semoga semua orang yang tersentuh, ikut mendoakan agar dia tetap menjadi contoh bagi jutaan anak-anak di seluruh dunia dan tetap menonjol dalam mempelajari Islam”.

"Kami sangat berterima kasih kepada setiap orang yang suka dengan laman Facebook kami. Untuk mendapatkan lebih dari 10.000 likes dalam kurang dari empat bulan merupakan capaian besar dan menunjukkan bagaimana Hafiza Maariya menjadi inspirasi,” tulis ibunya. (nat/dbs)

 


Back to Top