Gaet Turis Muslim, Kawasan Wisata Gunungkidul Yogyakarta Segera Kembangkan ‘Halal Tourism’

gomuslim.co.id- Pariwisata halal yang semakin naik daun membuat banyak destinasi wista di Indonesia terus berbenah. Hal ini dilakukan demi menjamu para turis muslim, tak hanya domestik, tapi juga manca negara. Salah satunya, baru-baru ini dilakukan oeh Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang akan mengembangkan wisata halal atau Islamic Tourism.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan wisata halal ini belum banyak diterapkan di Indonesia, sehingga memiliki potensi besar untuk dikembangkan di wilayah Gunungkidul.

Menurutnya, dalam pengembangan wisata, tidak serta merta mengandalkan daya tarik wisata atau hanya bertujuan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan, namun juga dengan memperhatikan mutu kualitas wisata, seperti penerapan wisata halal.

"Potensi wisata halal ini sangat besar untuk dikembangkan, karena dalam pengembangan suatu obyek wisata tidak hanya melihat dari daya tarik wisata saja, namun juga ada nilai tambah lain," ujar Immawan, seperti dilansir dari publikasi Tribunjogja.

Dia mendukung penuh dikembangkannya wisata halal di obyek wisata yang ada di Gunungkidul. Untuk itu,  pihaknya tengah mengkaji terkait pengembangan wisata halal atau islamic tourism di Gunungkidul, sehingga dapat diterapkan sesegera mungkin.

"Kami masih melakukan pengkajian terkait ini, paling tidak tahun ini wisata di Gunungkidul sudah menerapkan wisata halal," tuturnya.

Menanggapi program wisata halal tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan adanya wisata halal tersebut dapat menjadi alternatif untuk memberikan kebutuhan wisatawan.

"Tidak hanya itu, melalui pengembangan wisata halal ini segmen wisata dapat juga dikembangkan," ujar Harry.

Selanjutnya, pengembangan wisata halal tersebut dapat dikembangkan pada 79 wisata alam, lima daya tarik wisata buatan, dan 28 daya tarik wisata budaya yang ada di Gunungkidul.

Untuk diketahui, Gunungkidul adalah sebuah Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kecamatan.

Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner.  Beberapa objek wisata populer Gunungkidul yang menarik minat wisatawan, di antaranya mulai dari Pantai Baron, Air Terjun Sri Gethuk, hingga Goa Pindul dan Goa Gelatik. (fau/dbs)


Back to Top