Syaratnya Halal, Ajang #IndomieUniqmie Ajak Masyarakat Buat Resep Unik

gomuslim.co.id- Masyarakat Indonesia pasti sangat akrab dengan mie yang satu ini. Adalah Indomie, salah satu mie instan yang selalu menjadi primadona saat membutuhkan makanan dalam waktu yang singkat. Selain karena harganya yang murah serta produknya yang mudah ditemukan, Indomie juga sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke-45, Indomie menggelar kompetisi adu resep. Pencinta Indomie ditantang membuat sajian unik berbahan dasar mie instan ini. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) melalui merk Indomie mengadakan ajang adu resep unik bertajuk #IndomieUniqmie. Berlangsung 23 Januari hingga 23 April 2017, kompetisi ini diadakan dalam rangka perayaan 45 tahun hadirnya Indomie di Indonesia.

General Manager Marketing Noodle Division dari PT ICBP Sukses Makmur, Julia Atman mengatakan ajang tersebut mengajak masyarakat untuk mengikuti kompetisi ini. “Kami mengajak pencinta Indomie untuk berkompetisi menyajikan resep uniknya yang berbahan dasar Indomie. Di ajang inilah, masyarakat diajak berkompetisi menyajikan resep-resep uniknya yang berbahan dasar mie instant,” ujarnya dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Julia menjelaskan bahwa resep harus memperlihatkan bentuk dan tekstur asli Indomie. Artinya resep tidak memperbolehkan tekstur Indomie diubah seperti diblender atau digerus. “Jenis Indomie yang dipakai boleh apa saja, begitu juga dengan jenis masakannya. Bisa berupa masakan Indonesia, internasional, atau fusion food.” kata Julia.

Semua resep, lanjut dia, nantinya diunggah ke www.indomie.com/uniqmie untuk dinilai. Di akhir periode lomba, akan ada 20 resep yang diuji dan diulas oleh Guest Chef dan tim Indomie. Mereka bertugas memilih 5 resep yang akan diadu dalam "Grand Final" di Bandung pada 20 Mei 2017. Penentuan juara nantinya dilakukan berdasarkan voting online.

Pemenang 1, 2, 3, dan juara favorit berhak membawa pulang hadiah total sebesar Rp 300 juta. Mengenai kriteria penilaian, Julia menjelaskan, "Kriteria penilaian utama adalah kreativitas peserta. Resep harus unik dan original. Selain itu, rasa hidangan harus enak karenanya nanti ada tim juri yang menilai. Bahannya juga harus mudah dicari dan pasti syaratnya harus halal," jelas Julia.

Dengan ajang #IndomieUniqmie ini, Julia berharap pihaknya mampu menginspirasi pencinta Indomie dalam mengolah mie instan favoritnya. "Indomie bisa dikreasikan menjadi banyak menu. Contohnya 6 menu yang kami buatkan video resepnya. Ada Burger Indomie, Siomay Indomie, Carbonara Panggang Indomie, Taco Indomie Rendang, Indomie Ayam Jamur, dan Teriyaki Indomie Cup," pungkas Julia.

Untuk menyosialisasikan kompetisi yang berskala nasional ini, Indomie akan menggelar roadshow di 4 kota yakni Medan, Yogyakarta, Malang, dan Makassar. Selain itu, diajang special ini, Indomie turut menggandeng Nicky Tirta yang merupakan aktor dengan passion kuat di bidang kuliner. "Saya membuat 3 resep berbahan Indomie yang bisa dicoba masyarakat di rumah. Ada Siomay Indomie, Carbonara Panggang Indomie, dan Teriyaki Indomie Cup," ungkap Nicky.

Nicky berbagi tips bagi para peserta #IndomieUniqmie. "Jangan berkreasi dengan yang itu-itu saja. Think out of the box. Masakan bisa digabungkan dengan masakan yang sudah ada, tetapi perhatikan rasa dan penyajiannya. Intinya jangan membatasi diri," ujar pria yang pernah mengambil kursus masak di Australia ini.

“Memasak dan berkarya di bidang kuliner merupakan salah satu mimpi saya. Makanya saya bertekad untuk terus menggali kreatifitas dengan membuat aneka resep makanan. Termasuk untuk menciptakan menu masakan berbahan dasar Indomie yang selalu menemani keseharian keluarga saya," pungkas Nicky Tirta yang saat ini sudah mulai dikenal sebagai Home Chef. (njs/dbs)


Back to Top