Gratis dan Bisa Diakses Online, Begini Cara Pendaftaran di MAN Insan Cendekia

gomuslim.co.id- Tahun ajaran baru tinggal beberapa bulan lagi. Untuk itu, sejumlah sekolah sudah bersiap membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). Salah satunya adalah madrasah unggulan berbasis sains dari Kementerian Agama (Kemenag), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC).

Sejak tanggal 1 Februari 2017 lalu, MAN IC sudah membuka PPDB dan akan berlangsung sampai dengan 25 Februari 2017 mendatang. PPDB MAN IC ini bisa dilakukan secara online melalui android serta tidak dipungut biaya apa pun.

Demikian disampaikan Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan baru-baru ini. Ia  mengatakan bahwa untuk mendaftar PPDB MAN IC, setiap peserta bisa langsung mengakses ke ke alamat: https://ic.ppdbonline.id/. Atau aplikasi pendaftaran dapat dicari dengan kata kunci "ppdb ic" di menu Play Store.

“Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi pada Google Play Store untuk dapat diinstal pada perangkat android. Tidak ada pungutan biaya dalam PPDB MAN IC. Bahkan, kalau sudah diterima, siswa MAN IC juga tidak dikenai biaya investasi atau biaya operasional apapun,” kata M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Minggu (05/02).

Menurutnya, siswa yang diterima di MAN IC terbebas dari biaya investasi dan operasional apapun. Mereka hanya dikenakan biaya personal yang diperuntukan keperluan siswa itu sendiri yang terdiri dari biaya asrama dan biaya makan. "Rata-rata dikenakan biaya pada kisaran Rp1juta sampai Rp1.5juta perbulan,” jelasnya.

"Besarnya biaya personal itu disesuaikan dengan harga makan tiga kali sehari selama sebulan di daerah MAN IC itu berada. Jika ada masyarakat yang menemukan praktik pungli dalam proses PPDB MAN IC, segera laporkan ke Kanwil Kemenag setempat atau ke Direktorat Pendidikan Madrasah agar bisa kami segera tindaklanjuti," tambahnya.

PPDB MAN IC dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu: jalur Tes dan jalur Prestasi. Untuk jalur tes juga terbagi menjadi dua, yaitu jalur Reguler dan jalur Hafiz (hafalan Alquran). Bagi peserta yang memilih jalur Hafiz akan diminta untuk mengisi formulir tambahan mengenai data hafalan Alquran.

Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes. Jika peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima di MAN IC secara langsung. Untuk itu, peserta yang memilih jalur prestasi diharuskan mengisi formulir tambahan mengenai data prestasi yang telah dicapai.

Saat mendaftar, lanjut M. Nur Kholis, peserta dapat memilih MAN IC sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Ia menjelaskan, setidaknya ada sembilan langkah pendaftaran PPDB MAN IC secara online.

Pertama, Pembuatan Akun. Untuk mendaftar secara online, peserta diharuskan untuk membuat akun PPDB Online. "Pembuatan akun PPDB Online menggunakan nama lengkap, tanggal lahir, email dan NIK calon peserta PPDB," ucapnya.

Kedua, Mengisi Formulir PPDB. Setelah akun dibuat, lanjut Nur Kholis, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir PPDB. Formulir PPDB berisi mengenai informasi peserta PPDB Online secara lengkap.

Ketiga, Memilih Jalur PPDB Online. Ada dua jalur PPDB Online, yaitu: jalur Tes dan jalur Prestasi. Keempat, Input Data dan Rekomendasi Madrasah/Sekolah Asal. Peserta harus mengisi data mengenai asal madrasah atau sekolah sesuai form yang ada. Dalam menu ini, peserta juga diwajibkan mengupload surat rekomendasi dari madrasah atau sekolah asal.

Kelima, Memilih MAN Insan Cendekia. Peserta memilih MAN Insan Cendekia sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Sampai saat ini, ada 20 MAN IC yang dibina Kementerian Agama dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Keenam, Input Nilai Rapor Semester 1-5. Pada tahap ini, peserta mengisikan nilai rapor pada semester 1-5 dari sekolah atau madrasah asal. Nilai yang diinputkan menggunakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari sekolah atau madrasah asal menggunakan skala 1-4, maka perlu melakukan konversi skala nilai menjadi 0-100. "Konversi dapat nilai dilakukan oleh sekolah atau madrasah asal," tegasnya.

Ketujuh, Upload Dokumen. Ada tiga dokumen yang harus diupload, yaitu: pas foto, rapor kelas IX semester 1 (gasal), dan akta kelahiran. Bagi calon peserta kurang mampu, harus menyertakan bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki.

Kedelapan, Memilih Lokasi Tes. Peserta juga harus menentukan atau memilih lokasi dilaksanakannya tes PPDB. Kesembilan, Cetak Kartu Pendaftaran. Jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar, maka peserta dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti telah terdaftar dalam PPDB Online.

Sampai saat ini, ada 20 MAN Insan Cendekia binaan Kementerian Agama, yaitu: MAN IC Serpong (Banten), MAN IC Gorontalo (Gorontalo), MAN IC Jambi (Jambi), MAN IC Aceh Timur (Aceh), MAN IC Ogan Komering Ilir (Sumsel), MAN IC Siak (Riau), MAN IC Paser (Kaltim), MAN IC Kota Pekalongan (Jateng), MAN IC Bangka Tengah (Babel), MAN IC Padang Pariaman (Sumbar).

MAN IC Bengkulu Tengah (Bengkulu), MAN IC Kota Batam (Kepri), MAN IC Tanah Laut (Kalsel), MAN IC Sambas (Kalbar), MAN IC Kendari (Sultra), MAN IC Kota Palu (Sulteng), MAN IC Sorong (Papua Barat), MAN IC Tapanuli Selatan (Sumut), MAN IC Lombok Timur (NTB), dan MAN IC Maluku Utara (Malut).

Untuk informasi lebih lengkap bisa klik laman ini: https://ic.ppdbonline.id/public/files/PANDUAN%20PPDB%20MAN%20IC%202017.pdf (njs/kemenag/dbs)


Back to Top