Ajak Relawan Turun Langsung ke Desa Binaan, Rumah Zakat Gelar 'Pekan Berbagi Senyum'

gomuslim.co.id- Bulan Februari 2017 menjadi waktu kedua kalinya Rumah Zakat (RZ) di awal tahun untuk program sosial kepada masyarakat desa binaan. Lembaga sosial yang digagas sejak tahun 1998 tersebut ingin mengajak para relawan untuk dekat dengan para yatim dan dhuafa yang ada di desa-desa binaan RZ lewat program Pekan Berbagi Senyum.

Dalam rilisnya, RZ menyebutkan Pekan Berbagi Senyum adalah kegiatan sosial masyarakat yang digelar RZ sebagai salah satu lembaga sosial kemanusiaan di Indonesia. Program ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam aktivitas berbagi kepada masyarakat lainnya di wilayah binaan RZ. Kegiatan ini pula menjadi sebuah media bagi donatur RZ berinteraksi langsung bersama para Penerima Manfaat (PM) dalam program layanan RZ.

Pekan Berbagi Senyum di Bulan Februari sebagai kegiatan sosial yang memiliki tema “Gebyar Berbagi”. Dengan demikian, para peserta Pekan Berbagi Senyum yang berasal dari masyarakat umum dapat ikut serta dalam kegiatan berbagi di 3 program pemberdayaan RZ yaitu Pendidikan, Ekonomi atau Lingkungan dan Tour Desa Binaan RZ.

Berikut Deskripsi Program Pekan Berbagi Senyum:

Program Pendidikan: Berbagi menjadi seorang Guru atau Mentor Tamu (Berbagi Kreativitas seni atau musik, dan ilmu bidang lain yang dikuasai oleh Peserta untuk di bagi kepada Anak atau Siswa Juara), Pengenalan Profesi (Anak Juara/Siswa Juara datang ke kantor atau tempat kerja Peserta untuk belajar profesi yang sedang dijalankan oleh peserta berbagi atau pengenalan profesi langsung di Sekolah Juara atau lokasi pembinaan Anak Juara RZ), Relawan Berbagi (Pengenalan aktivitas Ekstrakurikuler Sekolah Juara/Aksi pembinaan Anak Juara kepada peserta).

Program Ekonomi atau Lingkungan: Berbagi menjadi seorang Trainer (Peserta atau Komunitas berbagi informasi mengenai konsep wirausaha atau konsep memberdayakan lingkungan kepada warga binaan RZ), Relawan Berbagi (Peserta datang ke lokasi pemberdayaan ekonomi atau lingkungan binaan RZ).

Program Desa Binaan: Berbagi menjadi Peserta Tour Pemberdayaan (Peserta akan berkeliling ke Desa Binaan RZ dan ikut terjun dalam aktivitas di desa binaan, seperti kegiatan memerah sapi, memetik daun teh atau kegiatan lain yang sesuai dengan aktivitas pembinaan RZ).

Adapun, Pekan Berbagi Senyum ini berlangsung pada tanggal 19 sampai 25 Februari 2017 terlaksana di sebaran wilayah binaan RZ Se-Indonesia. Sedangkan, pendaftaran Pekan Berbagi Senyum dibuka mulai tanggal 30 Januari sampai 10 Februari 2017. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar kegiatan Pekan Berbagi Senyum dapat mendaftar di laman resmi RZ: www.rumahzakat.org dan informasi tentang program ini di akun media social instagram: @ berbagisenyum_id. (fau/rz)


Back to Top