Perluas Pemberdayaan Masyarakat, Rumah Zakat Targetkan Bina 1.200 Desa pada 2017

gomuslim.co.id- Untuk meluaskan dana zakat kepada masyarakat di desa-desa, lembaga sosial Rumah Zakat (RZ) menargetkan program nasional pada tahun 2017 ini. Program tersebut berkaitan dengan langkah RZ yang akan membina 1.200 desa di berbagai daerah di Indonesia.

Chief Marketing Officer RZ, Irvan Nugraha dalam rilis resminya mengatakan zakat memiliki potensi untuk menjadi bagian dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.

“Salah satunya kami wujudkan dalam pembinaan desa, melalui pemberdayaan dan program-program yang ditawarkan kepada masyarakat yang tidak hanya untuk memberdayakan ekonomi, lingkungan dan pendidikan, tetapi juga spiritual,” jelas Irvan.

Lebih lanjut, kata Irvan, hingga akhir tahun 2016, RZ telah membina sekitar 800 desa yang tersebar di beberapa wilayah, di antaranya desa-desa yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Ia mengatakan  pembinaan ini diwujudkan melalui beberapa program seperti program Senyum Sehat, Senyum Juara dan Senyum Mandiri.

Adapun, program-program tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Senyum Sehat adalah sebuah program yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, sedangkan Senyum Juara bergerak dalam bidang pendidikan, Senyum Mandiri untuk membina ekonomi masyarakat desa, dan Senyum Lestari untuk lingkungan.

Selain itu, relawan yang turut membantu dalam program desa binaan itu merupakan warga setempat yang sengaja direkrut untuk mempermudah berjalannya program tersebut.

“Untuk mengembangkan program ini, kami juga melibatkan dan menempatkan relawan inspirasi yang direkrut dari warga desa setempat. Hal ini untuk lebih memudah dalam pengembangan desa binaan tersebut,” kata Irvan.

Menurut Irvan, selain menargetkan program desa binaan dan pemberdayaan desa di tahun ini, RZ juga terus memperluas program bantuan ke lokasi-lokasi yang sedang dilanda bencana baik di dalam maupun di luar negeri. Lewat program ini, Irvan berharap RZ dapat berkontribuasi untk membangun masyarakat yang agamis dan sejahtera.

Untuk diketahui, Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang digagas sejak tahun 1998. Lembaga ini mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz)

Baca juga:

Ajak Relawan Turun Langsung ke Desa Binaan, Rumah Zakat Gelar 'Pekan Berbagi Senyum'


Back to Top