Ini Daftar Kuota Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia

gomuslim.co.id- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) merukapan sekolah setingkat SMA berasrama yang dibina oleh Kementerian Agama (Kemenag RI). Madrasah yang yang didirikan oleh mantan Presiden RI ketiga, BJ Habibie ini sejak tahun 2010 memberikan beasiswa penuh kepada semua siswanya.

Memasuki tahun ajaran 2017-2018, MAN IC di seluruh Indonesia membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). Pendaftaran sendiri dibuka sejak tanggal 1 sampai dengan 25 Februari 2017 mendatang. Untuk tahun ini sendiri, Kemanag menargetkan menjaring 1.916 peserta didik baru.

Demikian disampaikan Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan baru-baru ini. Ia mengatakan bahwa jumlah tersebut terbagi ke beberapa MAN IC yang ada di Indonesia. “Target PPDB menjaring 1.916 siswa yang akan belajar di dua puluh MAN IC yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia,” kata M. Nur Kholis di Jakarta, Senin (06/02/2017).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa Kementerian Agama sampai saat ini membina 20 MAN IC. Masing-masing MAN IC akan menerima siswa sesuai dengan kuota dan kapasitas yang tersedia. Kuota terbanyak adalah 140 siswa untuk MAN IC Serpong, sedang paling sedikit 48 peserta didik untuk MAN IC Tapanuli Selatan dan Maluku Utara.

“Target ini juga nantinya akan disesuaikan dengan kapasitas yang tersedia, utamanya untuk MAN IC yang baru beroperasi," ujarnya. Ada tiga MAN IC yang baru menggelar PPDB pada tahun ini, yaitu: MAN IC Tapanuli Selatan, MAN IC Lombok Timur, dan MAN IC Maluku Utara.

Untuk memudahkan akses para siswa, PPDB MAN IC tahun ini bisa dilakukan secara online dengan mengakses alamat: https://ic.ppdbonline.id/. Bahan, pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi pada Google Play Store untuk dapat diinstal pada perangkat android. Aplikasi pendaftaran PPDB MAN IC dapat dicari dengan kata kunci "ppdb ic" di menu Play Store.

PPDB MAN IC dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur Tes dan jalur Prestasi. Saat mendaftar, peserta dapat memilih MAN IC sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Dia juga memastikan bahwa PPDB MAN IC tidak dipungut biaya.

Adapun mengenai target kuota peserta didik baru MAN IC di seluruh Indonesia adalah sebagai berikut: MAN IC Serpong sebanyak 140 siswa, MAN IC Gorontalo, 120 siswa, MAN IC Jambi 120 siswa, MAN IC Aceh Timur 96 siswa, MAN IC Ogan Komering Ilir Sumsel 96 siswa, MAN IC Siak 96 siswa, MAN IC Paser 96 siswa, MAN IC Kota Pekalongan siswa 96, MAN IC Bangka Tengah 96 siswa, MAN IC Padang Pariaman 96 siswa.

Selanjutnya, untuk MAN IC Bengkulu Tengah 96 siswa, MAN IC Kota Batam 96 siswa, MAN IC Tanah Laut 96 siswa, MAN IC Sambas 96 siswa, MAN IC Kendari 96 siswa, MAN IC Kota Palu 96 siswa, MAN IC Sorong 96 siswa, MAN IC Tapanuli Selatan 48 siswa, MAN IC Lombok Timur 96 siswa, dan terakhir MAN IC Maluku Utara 48 siswa. (njs/kemenag/dbs)


Back to Top