Sambut Milad Masjid Istiqlal ke-39, Gabungan Mahasiswa Pecinta Alam Akan Gelar Aksi Bersih-Bersih Masjid

gomuslim.co.id- Pecinta alam identik dengan aktivitas outdoor di gunung atau laut, serta melakukan kegiatan ekstrim, namun berbeda dengan kegiatan yang satu ini. Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menyelenggarakan aksi bersih-bersih masjid dengan menggaet kelompok mahasiswa pecinta alam (Mapala), mereka yang tergabung dalam kegiatan tersebut akan membersihkan bagian-bagian yang diharapkan dapat memicu kegiatan positif lainnya. Aksi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 15 Februari 2017 mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Kegiatan pembersihan Masjid Istiqlal merupakan wujud kegembiraan generasi muda Indonesia, seban masjid ini menjadi simbol peninggalan sejarah Indonesia yang diungkapkan dalam bentuk arsitektur modern.

Narahubung kegiatan bersih-bersih Masjid Istiqlal Setyo Ramadi dari Mapala UI mengatakan kegiatan bersih-bersih Masjid Istiqlal baru dilaksanakan tahun ini. Masyarakat umum yang sukarela membantu kegiatan bersih-bersih dipersilakan berpartisipasi.

Tapi, untuk membersihkan bagian-bagian Masjid yang sulit seperti tower, rekan-rekan Mapala yang akan melakukannya,” tukas Setyo.

Lanjut Setyo, kegiatan ini ada risikonya karena membersihkan tower yang tinggi. Rekan-rekan pecinta alam yang mempunyai keterampilan manjat yang bersihkan lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

Sementara itu, gabungan kelompok mahasiswa pecinta alam akan membersihkan bagian luar menara, antena, dinding, atap, lubang angin, dinding bagian dalam, tangga dan lantai. Selain itu, membersihkan kisi-kisi yang berbahan stainless di pelataran Masjid. Ada juga perusahaan yang akan membersihkan semua toilet di Masjid Istiqlal.

“Saat ini, sudah cukup banyak yang mendukung kegiatan bersih-bersih Masjid Istiqlal. Mapala yang akan berpartisipasi diharapkan nanti pada waktunya menggunakan seragam Mapala masing-masing. Sehingga, tampak meski berbeda seragam, tapi dapat bekerja bersama dalam mengerjakan kebaikan,” paparnya.

Sementara itu, daftar sementara Mapala-mapala yang sudah bergabung diantaranya; Mapala UI, Trupala SMUN 6, Wanadri, Mapala Agrawitaka Moestopo, Jagrawecya Unsoed dan Mapatri, seperti yang dilansir dari publikasi MapalaPTM.

Para relawan Mapala akan membersihkan bagian luar menara yaitu tower, antena, dinding, atap, lubang angin, serta bagian dalam menara berupa dinding, tangga dan lantai, serta kisi-kisi yang berbahan stainless steel di koridor masjid.

Kendati demikian, mereka yang akan membersihkan tower Masjid Istiqlal akan dilatih terlebih dahulu oleh perusahaan Indorope selama tiga hari. Jadi, yang bekerja di tower akan diberi pelatihan terlebih dahulu karena tetap ada perbedaan antara hobi dan pekerjaan.

"Kita boleh jago manjat, caving, tali temali. Tapi, kita nggak pernah membersihkan goa, meski keterampilan utama sudah bisa tetap harus ditambahkan sedikit," katanya.

Pihaknya berharap, nanti kegiatan bersih-bersih masjid bisa diikuti kegiatan lain sepanjang tahun. Contohnya, ada kelompok lain yang melakukan kegiatan penanaman pohon bersama.  "Jadi festivalnya adalah bagaimana masyarakat dengan uangnya sendiri, dengan tenaganya sendiri, nggak perlu uang negara, itu bisa berbuat ke masjid," tuturnya.

Kegiatan bersih-bersih Masjid Istiqlal merupakan bagian dari rangkaian 'Milad Masjid Istiqlal ke- 39 Tahun'. Peresmian Masjid Istiqlal diresmikan langsung oleh presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978. Kegiatan bersih-bersih merupakan wujud perayaan kegembiraan sebagai anak bangsa Indonesia.

Masjid Istiqlal, Monas, dan Istana Negara merupakan simbol kekuatan bangsa yang menggambarkan ketuhanan, kemanusiaan, dan kenegaraan, oleh karenanya masjid ini dinamakan "Istiqlal" yang dalam bahasa Arab berarti "Merdeka".

Jika tertarik ikut berpartisipasi dalam aksi ini silahkan hubungin kontak Setyo Ramadi 081221727280 dan Virsal D Putra 087820591414. (nat/MapalaPTM/dbs)


Back to Top