Wujudkan Tour Leader Muslim Profesional, Madinah Iman Wisata Lakukan Sertifikasi

gomuslim.co.id- Peningkatan jumlah jamaah haji, umroh dan wisata halal membuat sejumlah pihak perusahaan tour and travel Muslim berbenah diri. Hal tersebut guna mewujudkan kenyamanan wisatawan dengan cara melakukan serifikasi tour leader yang profesional.

Sejalan dengan hal itu, Forum Travel Partner Indonesia (FTPI) bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menggelar sertifikasi bagi Tour Leader Muslim. Kegiatan tersebut digelar di Sofyan Hotel Tebet Jakarta pada 7 sampai 9 Februari 2017, dan diikuti oleh 40 Tour Leader (TL) Muslim dari berbagai travel  Muslim di Indonesia.

Salah satu travel yang mengirimkan  TL Muslim-nya untuk disertifikasi adalah Madinah Iman Wisata Tour and Travel. Chief Executive Officer (CEO) Madinah Iman Wisata Nuryadin Yakub mengatakan, pihaknya mengirimkan 6 TL Muslim pada acara sertifikasi kali ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan travel lainnya.

“Kami mengirimkan enam TL Muslim yang berasal dari enam cabang atau perwakilan Madinah Iman Wisata, yakni cabang Semarang, Solo, Tangerang Selatan, Tangerang Kota, Serang dan Makassar,” papar Nuryadin, Selasa (07/02/2017).

Lebih lanjut, Nuryadin sertifikasi TL Muslim itu sangat penting. Madinah Iman Wisata selain menjual paket umrah  dan haji, juga memasarkan wisata halal. Karena itu, kami butuh TL Muslim yang bersertifikat. Mereka mumpuni sebagai TL dan paham tugas TL.

Pada kesempatan yang sama, Dewan  Pengawas FTPI Didik Ariyanto menambahkan sertifikasi TL Muslim juga sangat penting dalam mengembangkan wisata halal. Seperti diketahui, para travel umrah dan haji juga giat menggarap wisata halal. Baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Sertifikasi TL Muslim sangat penting bagi para travel Muslim maupun TL Muslim, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” pungkas Didik.

Selain itu, dengan mengantongi sertifikasi dari BNSP, para TL akan mendapatkan banyak manfaat. Sertifikasi Kompetensi jelas akan mempengaruhi dan memberikan pandangan  baik terhadap pemegangnya ataupun perusahaan tempat kerja. 

Bagi tenaga profesi yang mempunyai sertifikat kompetensi, akan mendapatkan manfaat diantaranya; Kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat, Mempunyai bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui, Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki, Dapat memenuhi persyaratan regulasi serta kompetensi lintas sektor dan lintas negara, Jenjang karir dan promosi yang lebih baik, Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya.

Kemudian manfaat bagi perusahaan atau tempat kerja; Produktivitas  meningkat, Mengurangi kesalahan kerja, Komitmen terhadap kualitas, Memudahkan dalam penerimaan  karyawan, Mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil  dan termotivasi.

Pada akhirnya, dengan tersertifikasi tenaga profesi tour leader akan membuahkan kesiapan biro-biro perjalan wisata menyongsong berlakunya pasar dagang terbuka Masyarakat Ekonomi ASEAN. (nat/ftpindonesia/dbs)

 


Back to Top