Manjakan Wisatawan Muslim, Korea Selatan Perbanyak Mushala dan Restoran Halal

gomuslim.co.id- Perkembangan wisata halal dunia yang semakin pesat, kini banyak dilirik oleh sejumlah Negara. Salah satunya adalah Korea Selatan. Negara berjuluk Negeri Ginseng itu kian mantap memaksimalkan potensi wisata halal dengan merangkul turis muslim dari berbagai penjuru dunia. Promosi ini mulai digencarkan setelah sukses melakukan promosi wisata melalui program hiburan seperti K-Pop dan K-Drama, Korea Selatan.

Dalam rangka menunjang promosi wisata halalnya, pemerintah Korea Selatan saat ini telah menyediakan lebih banyak tempat ibadah dan tempat makan halal di sejumlah kawasan khususnya di ibukotanya, Seoul. Langkah itu dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan Muslim ke negara itu.

Director Tourism Business Division Seoul City, Je Seong Oh mengatakan bahwa jumlah mereka (turis muslim) terus bertambah setiap tahunnya. Tercatat pada 2015 lalu saja telah menembus angka 740 ribu orang. Angka tersebut terbilang cukup drastis mengingat Korsel bukan Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

“Seoul sedang memperbanyak restoran bersertifikat halal dan juga tempat beribadah yang mudah dijangkau demi kenyamanan wisatawan Muslim. Hal ini menjadi salah satu prioritasnya," kata Seong Oh dalam rilisnya. 

Selain itu, tambah dia, sejumlah fasilitas beribadah umat Islam seperti Mushala pun kini lebih diperbanyak. Menurutnya, penambahan mushala tersebut sebagai langkah untuk memudahkan para turis muslim yang datang ke Seoul. “Selain itu juga diperbanyak mushala, agar wisatawan Muslim lebih mudah dalam melaksanakan ibadah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Seong menuturkan bahwa saat ini sudah ada 70 restoran yang bersertifikasi halal dan mayoritas berada di kawasan Itaewon. Di kawasan itu juga terdapat mesjid terbesar di Korea yakni Seoul Central Mosque. “Mulai tahun 2017 ini, kami juga akan memperbanyak fasilitas bagi wisatawan Muslim di pusat perbelanjaan serta pusat transportasi seperti stasiun dan bandara,” ucapnya.

Sebelumnya, terkait populasi Muslim di Korea Selatan dalam data mutakhir, tercatat telah mencapai 145 ribu-160 ribu orang. Dari jumlah tersebut, diperkirakan 50 ribu di antaranya adalah penduduk asli Korea. Sedangkan, sisanya merupakan pendatang dari Indonesia, Malaysia, Pakistan, dan negara-negara Timur Tengah.

Jumlah orang Islam di Korea Selatan tersebut mungkin terbilang kecil, hanya sekitar 0,4 persen, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Korea Selatan yang mencapai 47 juta berdasarkan sensus 2005. Namun, untuk rentang dakwah yang baru dimulai pada 50-an, jumlah ini sungguh fantastis.

Sedangkan data dari KMF menyebutkan bahwa jumlah Muslim di Korea Selatan sekarang ini mencapai 120 ribu sampai 130 ribu, terdiri dari Muslim Korea asli dan para warga negara asing. “Jumlah orang Korea asli yang menganut agama Islam sekitar 45 ribu orang, selebihnya didominasi pekerja migran asal Pakistan dan Bangladesh,” ujar salah satu anggota KMF. (njs/dbs)

 


Back to Top