Ratusan Santri di Jombang Ikut Kegiatan Kemah Pelajar dan Santri Kreatif 2017

gomuslim.co.id- Ada banyak cara menanamkan kedisiplinan dan jiwa sosial pada diri generasi muda khususnya bagi pelajar dan santri. Salah satunya adalah dengan berkemah. Aktivitas yang biasa dilakukan di luar ruangan ini menjadi bagian dari pendidikan mental dan pembinaan karakter santri.

Baru-baru ini, ratusan santri dari berbagai sekolah dan pesantren mengikuti kemah pelajar dan Santri Kreatif di Lapangan Universitas Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur. Perkemahan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 sampai dengan 12 Februari 2017 ini dilakukan untuk menanamkan jiwa sosial dan kreativitas pelajar santri Jombang terhadap lingkungan bermasyarakat.

Kegiatan ini dimotori oleh Dewan Koordinasi Cabang Corp Brigade Pembangungan Dan Korp Pelajar Putri IPNU dan IPPNU, dan Nahdlatul Ulama. Selama di bumi perkemahan mereka dibekali berbagai ilmu, tentang seni, dan juga kreativitas untuk melestarikan dan membumikan kebudayaan Jombang.

Ketua Panitia yang juga Dewan Koordinasi Cabang Corp Brigade Pembangungan Dan Korp Pelajar Putri, Yudha Bhakti mengatakan kemah santri dan pelajar kreatif ini bertujuan untuk membumikan dan melestarikan seni dan kebudayaan Jombang kepada generasi muda. Dan juga mengembangkan potensi diri, serta kreatifitas dalam mendorong kemampuan aktualisasi meraih prestasi.

Selama tiga hari ini mereka dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan dengan agenda kegiatan yang dibagi menjadi tiga bagian diantaranya kompetisi, games, materi dan bhakti sosial. “Sehingga diharapkan mereka usai dibekali mampu menjadi santri yang peduli terhadap lingkungan dan kreatif dalam meraih prestasi,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, kegiatan perkemahan tersebut juga untuk memupuk rasa percaya diri dan mental kuat untuk menjadi seorang pemimpin. Menurutnya, dengan kegiatan ini para santri akan terbiasa bekerjasama dengan baik dengan sesamanya. “Mereka juga dilatih untuk bahu membahu saling membantu dalam tim,” tambahnya.  

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Asisten I Pemkab Jombang Purwanto dan Ketua PCNU KH Isrofil Ammar, serta Ketua GP Ansor Jombang Zulfikar D Ikhwanto. Dalam sambutannya, Asisten I Pemkab Jombang Purwanto mengatakan ini merupakan gagasan yang bagus, karena kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dalam pembangunan manusia Indonesia.

Dengan pengkaderan yang dilakukan ini kedepan NU akan memiliki kader yang hebat dan berdaya saing. “Dua puluh tahun kedepan mereka yang akan menggantikan para pemimpin saat ini, oleh karena itu bekali diri, siapkan moral serta mental untuk menerima tongkat kepemimpinan di masa depan,” katanya.

Selain itu, dia juga berharap kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh kesungguhan. “Kegiatan yang dimotori oleh IPNU-IPPNU ini sangat bagus. Oleh karena itu, mari kita niatkan ibadah, silaturahmi dan menuntut ilmu. Sehingga kegiatan ini akan bermanfaat bagi kita di masa depan,” ungkapnya. (njs/dbs)

 


Back to Top