Kampanye Perdamaian, Komunitas Islam San Jose California Akan Gelar Diskusi Panel Lintas Agama

gomuslim.co.id- Dakwah selalu memiliki banyak cara. Salah satunya dengan berdialog. Penyampaian pesan damai dan kasih sayang dari ajaran Islam ini penting untuk disebarkan kepada umat manusia di seluruh dunia. Tidak terkecuali di Amerika Serikat. Hal demikian karena belum semua mengenal Islam dengan baik.

Baru-baru ini, Komunitas Muslim di Kota San Jose, California, Amerika Serikat akan menggelar dialog lintas agama. Kegiatan dialog ini dilakukan untuk memperbaiki kesalahan pandangan dan anggapan tentang Islam. Dalam dialog ini akan diundang sejumlah pembicara yang mewakili agama-agama besar di dunia, seperti dari Hindu, Nasrani, Budhan, dan Yahudi.

Kegiatan yang diinisasi oleh Islamic Network Group ini rencananya akan digelar di Menlo Park City Council pada 18 Februari 2017 mendatang. Diskusi panel tersebut berjudul Multi Faith Panel to Addres Pluralism and Mutual Respect. Salah satu staff di Menlo Park, John Weaver, mengungkapkan ide penyelenggaraan diskusi panel ini sebenarnya berasal dari pertanyaan yang diajukan masyarakat terkait adanya perlakuan diskriminasi terhadap salah satu penganut agama di Amerika.

“Saya kira, kami akan mendapatkan berbagai perspektif dengan mendengarkan agama-agama yang lain juga dan kami ingin memfasilitas diskusi tersebut," kata Weaver sebagaimana publikasi dari Mercury News.

Islamic Network Group sendiri merupakan sebuah lembaga nirlaba asal San Jose yang memiliki misi mengedukasi masyarakat tentang Islam dan membangun kerjasama dengan agama-agama lain.

Kate Chance, yang akan menjadi moderator dalam diskusi tersebut menuturkan bahwa permintaan adanya diskusi panel lintas agama juga kian meningkat pada tahun ini. "Sejak pemilihan presiden, jumlah permintaan penyelenggaraan diskusi ini terus meningkat," ungkapnya.

Diskusi panel tersebut akan mengundang perwakilan dari berbagai komunitas agama, seperti Berget Jelane dari komunitas Budha, Sheila Mohan (perwakilan Hindu), David Marshak (perwakilan dari Dewan Hubungan Komunitas Yahudi), dan Ismael Nass (perwakilan komunitas Islam). Semua perwakilan ini pun bersifat sukarelawan.

Sementara itu, pendiri sekaligus CEO Islamic Network Group, Maha Elganaidi menyatakan  tidak menyalahkan pemerintahan Trump terkait merebaknya Islamophobia di AS. Dia menyebut, penghapusan diskriminasi terhadap Muslim merupakan isu utama yang terus mereka usung dalam 24 tahun terakhir.

"Kami terus menghadapi masalah yang sama, siapapun yang berada di Gedung Putih. Termasuk mulai dari peristiwa 9/11, pemerintahan Bush, kebijakan Obama, atau kebijakan Trump," kata Maha.

Sebagai informasi, San Jose merupakan sebuah nama kota di Amerika Serikat yang letaknya di bagian barat. Kota ini tepat di Negara bagian California. Islam di Negara Paman Sam sendiri cukup berkembang pesat. Tercatat populasi muslim di Amerika terus meningkat dalam seratus tahun terakhir. Meski tantangan dakwah di Negara ini cukup besar, namun semangat untuk terus menyebarkan syiar tetap dilakukan. (njs/dbs)

 


Back to Top