Viral di Media Sosial, Boyband Baru Asal Korea Selatan Ini Miliki Personel Muslim

gomuslim.co.id- Korea Selatan (Korsel) memang selalu mempunyai keunikan dan ciri khas sendiri. Selain dikenal dengan sebutan Negeri Ginseng, Korsel juga dikenal sebagai negar K-Pop. Musik yang memadukan para vokalis dan gaya tarian khas dalam satu grup ini telah banyak melahirkan Boyband dan Girlband. Salah satunya adalah Varsity.

Boyband yang banyak digandrungi oleh banyak wanita remaja ini tidak hanya karena wajah para anggotanya yang tampan-tampan. Namun Varsity juga merupakan boyband pertama yang salah satu anggotanya beragama Islam (muslim).

Varsity adalah kelompok dengan 12 anggota, yang memulai debutnya pada 3 Januari 2017 ini dengan single perdana mereka One Round. Dari 12 anggota tersebut ada salah satu yang menarik banyak penggemar K-pop, yaitu dengan adanya anggota yang Muslim. Mereka beranggotakan 7 remaja Korea dan 5 remaja China, yaitu Kid, YoonHo, Anthony, Bullet, Damon, Xin, XiWeol, DaWon, SeungBo, JaeBin, Manny, dan RiHo.

Dalam publikasi resmi dari Koreaboo beberapa waktu lalu, anggota Varsity yang beragama Islam tersebut adalah Manny. Ia diketahui telah terlibat dalam industri hiburan sebagai aktor sejak ia masih sangat muda.

Dia pertama kali mengumumkan agama yang ia anut dalam sebuah wawancara dengan Music Bank pada Spotted segmen Music Bank. Wawancara tersebut dilakukan saat Varsity sedang dalam perjalanan untuk sarapan.

Masing-masing anggota ditanya apa yang akan mereka makan untuk sarapan. Sebagian besar dari mereka menjawab dengan kimchi stew, dan yang lainnya mengatakan makanan mengandung babi. Namun tidak dengan Manny, dia tidak bisa memakan babi karena dia muslim.

Banyak pengemar yang bersemangat ketika melihat idola mereka muslim, sebagai K-pop terus memperluas dan mengumpulkan lebh banyak dan lebih penggemar internsional dari berbagai latar belakang dan agama. Sebagai hasil dari keragaman pionir, Varsity telah mengumpulkan fanbase internasional yang besar.

Musik sering dianggap sebagai bahasa universal yang dapat mengatasi keberagaman dan perbedaan budaya, dan boyband Varsity membuktikan pendapat tersebut. Manny, pria asal China ini disebut sebagai idola K-Pop era milenial pertama yang mengaku sebagai muslim.

Dalam sebuah video berdurasi pendek yang viral di Twitter dan YouTube, fans dikejutkan dengan pengakuan Manny sebagai seorang muslim. Pada potongan video tersebut, Varsity yang sedang melakukan wawancara dengan media lokal menyebut salah satu anggotanya tidak bisa makan daging babi.

Mereka menjelaskan Manny adalah seorang muslim dan tidak bisa mengonsumsi daging babi yang jadi primadona berbagai kuliner di Korea. "Manny tidak bisa makan daging babi. Ia hanya makan telur atau daging ayam" ujar rekan satu tim Manny.

Pengakuan singkat ini mendapat berbagai respons dari fans K-Pop. Mereka menghormati pria kelahiran 17 November 2001 ini yang tetap menjaga kepercayaannya di tengah lingkungan yang berbeda. Dengan kemampuan anggotanya untuk berbahasa Korea, China, Perancis, Inggris dan Arab, Varsity berharap bisa menjadi idola yang dikenal secara global. (njs/dbs)


Back to Top