Halima Aden Jadi Model Busana Hijab Kanye West di Ajang New York Fashion Week 2017

gomuslim.co.id- Parade busana New York Fashion Week (NYFW) 2017 menyiratkan pesan bermuatan politik, perdamaian, hingga busana plus-size. Ajang ini secara konsisten berhasil memberi gebrakan baru dalam dunia fashion. Hal ini juga terlihat pada pagelaran busana dari Kanye West.

Pada peragaan Yeezy Season Five kali ini, Kanye memberikan kejutan di panggung NYFW dengan berkolaborasi dengan model berhijab Halima Aden. Pada catwalk, Halima menampilkan balutan hijab dan coat rancangan Kanye West.

Dia kembali memukau publik lewat penampilannya yang dinilai menginspirasi banyak orang. Pasalnya sosok Halima Aden sendiri merupakan perempuan muslim berhijab pertama yang maju berkompetisi di ajang Miss USA, yang membuat publik berdecak kagum adalah keteguhan sikap dan prinsip yang ditunjukkannya pada sesi pakaian renang. Bukannya mengenakan bikini seperti kontestan lain, Halima dengan tegasnya berjalan mengenakan burkini.

Koleksi Yeezy Season Five menampilkan banyak koleksi denim dengan potongan longgar. Ia membawakan koleksi Yeezy Season 5 berupa long outerwear berbulu tebal dalam palet kecokelatan. Halima tetap memakai jilbab warna hitam pekat dan tampil maksimal dengan sepatu hak pendek koleksi sepatu Kanye, dirinya tampil percaya diri saat berada di runway NYFW 2017.

Wanita berdarah Somalia-Amerika itu kini masuk agensi model internasional, IMG. Agensi model tersebut menaungi beberapa model papan atas termasuk Karlie Kloss dan Gigi Hadid. Ia berhasil masuk ke IMG setelah aksinya yang menyorot perhatian di Miss Minnesota USA. 

"Saya melihat Halima begitu berani untuk berpegang teguh pada keyakinannya. Dia tidak menyerah sampai berhasil berada di sebuah kontes kecantikan Amerika. Kita melihat bagaimana industri ini bereaksi terhadap Halima," ungkap Presiden IMG Models, Ivan Bart dalam publikasi Times. 

Bakat Halima sebagai model dihargai oleh sejumlah pelaku fashion. Salah satunya editor ternama Carine Roitfeld. Ia berhasil didaulat menjadi model di cover majalah fashion, CR Fashion Book milik Carine untuk edisi Maret nanti. Carine mengatakan kalau Halima sangat inspiratif.

"Halima berhasil keluar daari batas-batas kecantikan dan persepsi menjadi cantik. Dia menjadi dirinya sendiri. Dia sangat inspiratif dan saya tahu dia akan menjadi ikon. Dalam CR Issue 10, dia akan merepresentasikan keragaman di Paris, di mana campuran budaya global menyatu di situ," ujar Carine.

Halima merupakan wanita asli Somalia. Ia termasuk bagian dari pengungsi Kenya dan baru berimigrasi ke Amerika Serikat ketika berusia enam tahun. Wanita lulusan Apollo High School itu juga sedikit bercerita bahwa ketegangan dengan komunitas Somalia telah meningkat selama beberapa tahun belakangan ini di Amerika. Belum lagi banyaknya pesan kebencian terhadap umat Islam dan kelompok etnis lainnya di Minnesota sejak Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.

Dalam pernyataannya saat di kontes Miss Minnesota USA. Halima mengaku semua yang ia lakukan hanya untuk memberikan perspektif berbeda untuk membuka mata masyarakat. (nat/dbs)


Back to Top