Bina Generasi Muda, Masjid Alumni IPB Rutinkan Kajian Islam Setiap Malam

gomuslim.co.id- Untuk meningkatkan pemahaman Islam kepada generasi muda di Kota Bogor, Masjid Alumni IPB yang berlokasi di kompleks Botanic Square  Bogor, Jawa Barat, setiap hari selalu menyuguhkan kajian Islam. Kegiatan kajian Islam bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para jamaah yang ingin menimba ilmu dari berbagai narasumber.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Alumni IPB Iman Hilman mengatakan, setiap malam ba’da Shalat Maghrib hingga Shalat Isya selalu dilakukan pengkajian ilmu agama dengan menghadirkan berbagai nara sumber yang kompeten di bidangnya.

“Kami menggelar kajian Islam setiap malam dari hari Senin hingga hari Ahad. Waktunya  ba’da Maghrib sampai Isya,” ujar Iman

Iman memaparkan tema kajian Senin malam adalah ekonomi syariah yang diisi oleh Ustadz Irfan Syauqi Bey dan tim. Kajian hari Rabu malam mengangkat tema Sirah Nabawiyah yang dibawakan oleh Ustadz Hepi Andi Bastoni.

Kajian Kamis malam tentang akidah diisi oleh nara sumber Ustadz Tohir Abdul Hadi. Kajian Jumat malam membahas Kitab Ihya Ulumuddin oleh tim Ustadz Anom. Kajian Ahad malam  diisi oleh Ustadz Rohimi Abdul Karim yang mengupas tema  Islam dari akar ke daunnya.

Kemudian untuk kajian Sabtu malam terutama ditujukan  untuk remaja/umum. Penceramahnya berganti-ganti.  “Ada Ustadz Hilman Fauzi Nugraha, Ustadz  Harry Moekti, Ustadz Supardi Lee dan Ustadz Felix Siauw,” paparnya.

Lebih lanjut, Iman menambahkan setiap Jumat pagi ba’da Shubuh juga ada kajian Tafsir Al-Maraghy oleh Kyai Muhyidin Junaidi. “Selain itu, dari kami juga mengadakan pengajian qiroaty dan tahfidz setiap ba’da Ashar sampai menjelang Maghrib, dari Senin sampai Kamis, dan hari Ahad. Pengajian qiroaty dan tahfizh tersebut terbuka untuk umum dan gratis,” pungkasnya.

Selain kajian, Masjid Alumni IPB juga menggelar kegiatan Mabit. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat malam Sabtu (3 sampai 4 Februari 2017). “Kegiatan Mabit yang dilanjutkan dengn Shubuh berjamaah itu dilaksanakan dalam rangka menggalakkan shalat Shubuh berjamaah. Hal itu sebagai kelanjutan spirit aksi damai 2 Desember 2017 silam,” kata Iman.

Kegiatan mabit itu diikuti sekitar 100 jamaah, ikhwan dan akhwat. Termasuk di antaranya Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Sedangkan kegiatan Shubuh berjamaah diikuti oleh jamaah dalam jumlah yang jauh lebih besar. “Pada kegiatan shalat Shubuh berjamaah biasanya masjid penuh. Setelah Shubuh berjamaah, dilanjutkan dengan tausiyah oleh Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS,” paparnya.

Iman mengemukakan Mabit yang digelar bulan ini menjadi yang pertama kali. “Insya Allah kami akan menggelar Mabit yang dilanjutkan dengan shalat Shubuh berjamaah setiap bulan. Waktu kegiatannya mulai malam Sabtu hingga Sabtu pagi, antara minggu pertama atau minggu kedua,” tukasnya. (nat/dbs)

 


Back to Top