Pasca Seabad Penantian, Akhirnya Warga Muslim Athena Akan Miliki Masjid

gomuslim.co.id- Setelah bertahun-tahun umat Muslim Athena, Yunani melakukan ibadah di gudang dan basement. Keadaan ini berlangsung selama lebih dari satu abad terakhir. Muslim Athena berharap bahwa meskipun protes dari sayap kanan, pemerintah akan tetap pada rencananya untuk membangun Masjid.

Namun angin segar mulai berhembus bagi umat Muslim di Athena, masyarakat Muslim di Athena akhirnya akan memiliki bangunan masjid. Terakhir kalinya Athena memiliki masjid adalah ketika era Ottoman runtuh pada 1833. Tak heran jika selama itu, sekira 500 ribu Muslim di kota tersebut beribadah di tempat seadanya.

Pada 2016, Deputi Menteri Luar Negeri Yunani, Loannis Amanantidis menyampaikan bahwa Yunani adalah satu-satunya negara di Eropa yang ketinggalan dalam menyediakan ruang beribadah bagi warganya. Pemerintah dinilai tidak bisa menyisihkan dana sebesar 800 ribu euro untuk membangun masjid.

Di pihak lain, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menyatakan, pembangunan masjid di Athena telah tertunda cukup lama. Pemerintah akan mendorong untuk menghormati warga Muslim di Athena. “Ini juga karena kami berkewajiban untuk aktif mempertahankan nilai-nilai kami,” ungkap Tsipras, seperti yang dilansir dari publikasi Salaam Gateway, Kamis (16/02/2017).

Sementara itu, Juru Bicara Asosiasi Muslim Yunani, Anna Stamou menyampaikan, betapa umat Muslim Yunani sangat membutuhkan masjid. Selama ini Stamou dan keluarganya menjalankan ibadah solat Jumat di garasi bawah tanah, dengan karpet lembab dan pipa ventilasi yang rendah.

Rencananya, masjid baru yang akan dibangun berlokasi di daerah industri, seluas 1000 meter persegi, tanpa menara masjid dan akan terdiri dari dua lantai. Masjid tersebut diperkirakan akan selesai pada April 2017.

“Kami memerlukan masjid untuk generasi baru Muslim Athena, untuk kaum muda kami agar mereka merasa sama di depan hukum dan di tengah masyarakat,” papar wanita mualaf asli Yunani ini.

Sudah lama perencanaan pembangunan masjid di Yunani telah dimulai, yakni sejak tahun 1890 melalui parlemen, namun seluruhnya tak berhasil, termasuk ketika negara itu menjadi tuan rumah Olimpiade 2004. Upaya teranyar dilakukan di masa pemerintahan Tsipras, yang kemudian membuatnya bertentangan dengan rekan koalisinya.

Diharapkan Masjid tersebut bisa menampung lebih dari 350 jamaah dan akan dibangun di atas tanah seluas 600 meter persegi bekas gudang angkatan laut di kawasan Votanikos, Athena Barat. Kompleks juga akan diperindah dengan air mancur.

Menurut Asosiasi Muslim Yunani, ada lebih dari 100 Masjid tidak resmi yang tersebar di seluruh Athena untuk sekitar 200.000 Muslim yang tinggal di ibukota, tetapi kebanyakan dari mereka berada di ruang bawah tanah atau gudang. (nat/dbs)

 


Back to Top