Permudah Wisata Sejarah, Kini Kota Medan Miliki Aplikasi Istana Maimun

gomuslim.co.id- Untuk mempermudah para wisatawan di Kota Medan dalam menyusuri situs sejarah Istana Maimun, aplikasi yang terintegrasi ponsel pintar resmi diluncurkan.  Pemerintah Kota Medan pun memberikan apresiasi atas peluncuran Aplikasi Istana Maimun. Karena, aplikasi tersebut dinilai sebagai upaya melestarikan salah satu tempat bersejarah di Kota Medan tersebut.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Kamis (16/02/2017) saat peluncuran aplikasi di Balairung Istana Maimun mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi peluncuran aplikasi ini karena sebagai salah satu upaya untuk melestarikan peninggalan bersejarah.

Ia juga mengatakan Istana Maimun merupakan salah satu istana yang paling indah di Indonesia dengan arsitektur yang unik dan desain interior istana tersebut memberikan karakter yang khas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan serta pemanfaatan sumber daya budaya guna kepentingan komersial yang dapat membawa dampak pada peningkatan ekonomi rakyat.

“Kekayaan serta keindahan situs sejarah budaya di Medan akan menarik lebih banyak pengunjung jika secara optimal dikembangkan. Istana Maimun adalah contoh yang baik dari situs sejarah berkembang dengan baik di Kota Medan,” katanya.

Dengan peluncuran aplikasi itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan Istana Maimun, sehingga semakin baik sebagai ikon pariwisata di ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang memiliki daya tarik wisatawan dan selalu terpelihara.

Dalam kesempatan tersebut,  Pimpinan PT Indosat Muhammad Ali Safitri mengatakan tujuan launching Aplikasi Istana Maimun itu untuk memudahkan masyarakat mengetahui lebih jelas tentang Istana Maimun dengan mengunduh menggunakan telepon genggam jenis android.

Tidak hanya masyarakat nusantara, masyarakat dunia termasuk wisatawan mancanegara juga dapat melihat keindahan dan kemegahan Istana Maimoon melalui Aplikasi Istana Maimun.

“Dengan melihat aplikasi ini, kita harapkan masyarakat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia semakin tertarik sehingga datang mengunjungi Kota Medan untuk melihat lebih dekat Istana Maimun,” katanya.

Penyerahan bantuan donasi CSR sekaligus launching Aplikasi Istana Maimoon ini dilakukan Pimpinan PT Indosat, MGS Muhammad Ali Safitri kepada Ketua Umum Yasmar, T Ismaini SE disaksikan Wakil Walikota, Pembina Yasmar sekaligus cucu dari Sultan Ma’Moen Al Rasyid, T Muhammad Efran serta tetuah adat Melayu Kesultanan Deli.

Adapun, Anda dapat mendownload aplikasi Istana Maimoon secara gratis melalui Google play store dengan alamat laman: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.arnco.istanaMaimoon&hl=in. Melalui Aplikasi Istana Maimoon, para penggunanya dapat menjelajah seluruh spot di Istana Maimoon dan belajar sejarah melalui fitur Virtual Tour dan Augmented Reality.

Untuk diketahui, Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Istana ini didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Saat ini, Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. (fau/antara/dbs)


Back to Top