Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Dinas Pariwisata NTB Gelar Fam Trip Wisata Halal

gomuslim.co.id- Lombok merupakan salah satu destinasi wisata halal andalan Indonesia. Keindahan pulau dan pesona laut yang menawan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Tidak terkecuali bagi wisatawan muslim. Apalagi pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini mayoritas masyarakatnya adalah muslim.

Baru-baru ini, Provinsi NTB melalui melalui Dinas Pariwisatanya menggelar kegiatan Familiarization Trip (Fam Trip) Wisata Halal bersama Garuda Indonesia Branch Office NTB, Tiara Sentosa Travel, dan Asosiasi Travel se-Asia Pasifik di Kawasan Sengigi, Lombok Barat. Tercatat, sebanyak 100 orang agen perjalanan wisata (travel agen) dari dalam dan luar negeri turut hadir dalam acara ini.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal, pihaknya kini terus mendorong pelaku industri wisata dan juga maskapai penerbangan untuk bersinergi dalam mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. "Ini akan sangat membantu target kunjungan 3,5 juta wisatawan ke NTB pada 2017. Saya mengapresiasi kegiatan Fam Trip wisata halal dan berharap bisa semakin mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke NTB," ujar Faozal.

Dalam kesempatan sama, Direktur Tiara Sentosa Travel Sahlan mengatakan kegiatan ini bagian dari upaya pelaku pariwisata mempromosikan paket destinasi wisata. "Apalagi Lombok dikenal dengan wisata halalnya bisa menjadi salah satu ikon yang dapat dijual kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," kata dia.

Sahlan menyebutkan sekitar 100 agen perjalanan wisata sudah menyampaikan komitmen akan membawa rombongan ke Lombok dalam waktu dekat ini. "Kami sengaja mengundang mereka (travel agen) untuk datang dan melihat langsung kondisi pariwisata Lombok yang semakin berkembang," kata dia.

Lebih lanjut, Sahlan menjelaskan kegiatan tersebut adalah bagian dari upaya untuk mempromosikan paket dan destinasi di Indonesia, khususnya Lombok dengan agen perjalanan wisata dari beberapa negara dan nusantara. "Melalui kegiatan ini diharapkan promosi pariwisata yang dilakukan pemerintah dapat juga dibantu oleh pelaku pariwisata seperti kami," ujarnya.

Setelah mengunjungi Lombok, kata Sahlan, para agen perjalanan wisata itu juga diharapkan bisa mendatangkan para turis ke Indonesia, khususnya ke Lombok yang sudah dikenal dengan paket wisata halal menggunakan pesawat Garuda. "Wisata halal Lombok bukan muncul begitu saja., tapi berkat kerja keras pemerintah beserta masyarakat 'The Best World Honeymoon' 2015 bisa diraih oleh Lombok," ucapnya.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office NTB Yansverio mendukung kegiatan yang dinilai baik untuk semakin mempromosikan wisata halal yang ada di NTB, khususnya Pulau Lombok. "Kami akan memberikan yang terbaik pada kegiatan semacam ini dan diharapkan dapat berkelanjutan agar Lombok lebih dikenal," kata dia.

Sementara itu, Director For Asia Pacific Tourism Promotions Vinsensius Jemadu mengatakan kegiatan ini bentuk upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam menindaklanjuti penghargaan wisata halal yang telah didapat Lombok beberapa waktu lalu. "Ini mengajak agen yang biasanya menjual paket-paket wisata halal untuk datang ke Lombok," kata dia.

Dia menilai secara psikologis tamu muslim yang datang ke tempat wisata halal akan merasa nyaman berwisata tanpa melupakan ibadah utama. Hal ini bisa didapatkan kala berkunjung ke Lombok yang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid.

Kegiatan Fam Trip diikuti 65 agen perjalanan wisata dari beberapa daerah di Indonesia dan juga dari Malaysia, Singapura, Jepang, Thailand, Korea Selatan, dan sejumlah agen wisata asal Timur Tengah. Selama beberapa hari mereka mengunjungi sejumlah destinasi wisata, seperti kawasan hutan wisata Sesaot, Kabupaten Lombok Barat. Selain itu, mengunjungi desa wisata Sade, di Kabupaten Lombok Tengah, dan berwisata ke Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan, di Kabupaten Lombok Utara. (njs/dbs)

 


Back to Top