Inilah Hotel Syariah Pertama di Kroasia

gomuslim.co.id-  Jumlah populasi Muslim Kroasia di antara negara Balkan lainnya memang lebih sedikit. Sensus tahun 2001 mencatat populasi Muslim hanya 1.3 persen atau 57.687.  Seiring bertambahnya populasi Muslim di Kroasia, permintaan pasar akan layanan fasilitas berkonsep ramah Muslim mulai berkembang pesat.

Kroasia mulai berbenah diri menciptakan hotel berkonsep syariah untuk umat Muslim setempat dan wisatawan Muslim yang berkunjung. Baru-baru ini Center for Halal Qualify Certification memberikan sertifikat halal kepada sebuah hotel di Kroasia, yaitu LifeClass Terme Sveti Martin Hotel. Hotel tersebut pun menjadi hotel pertama yang mendapat sertifikat halal di Kroasia.

Menurut data pada 2016, LifeClass Terme Sveti Martin Hotel mencatatkan kunjungan sebanyak 1.757 wisatawan Muslim. Sebagian besar diantaranya berasal dari Uni Emirat Arab. Dalam pernyataan resmi LifeClass Terme Sveti Martin Hotel, menilik dari semakin meningkatnya jumlah wisatawan Muslim, pihak hotel pun telah memproses pengajuan sertifikasi halal sejak Juni 2016.

“Dengan sertifikat halal ini, kami memastikan wisatawan Muslim dapat memperoleh makanan halal dan di setiap kamar akan ada petunjuk arah kiblat, sajadah dan Alquran,” demikian pernyataan LifeClass Terme Sveti Martin Hotel, seperti yang dilansir dari publikasi Total Croatia News.

Selain itu sertifikat halal untuk hotel tersebut pun secara resmi diterima oleh Direktur Operasional LifeClass Terme Sveti Martin Hotel, Jelena Berecic. Menurutnya, sertifikat halal menjadi salah satu langkah ekspansi hotel untuk menangkap pasar wisatawan muslim yang kian bertambah.

“Konsep halal sebagian besar sejalan dengan visi bisnis LifeClass Terme Sveti Martin Hotel yaitu ‘World of Healthy Pleasure’, yang menekankan pada diet sehat dan harmoni antara pikiran, tubuh dan alam,” ujar Berecic.

Kemudian hal yang menjadi tantangan terbesar adalah menerapkan standarnya sembari mendukung pemasok lokal dalam rangka mendukung perekonomian setempat.

Sertifikat halal yang diperoleh LifeClass Terme Sveti Martin Hotel menjadikannya destinasi wisata halal di level internasional. Sertifikat halal tersebut juga memberikan nilai tambah bagi hotel di mata wisatawan Muslim. Thomson Reuters mencatat wisata syariah merupakan industri senilai 137 miliar dolar AS.

Sebagian besar dari populasi Muslim Kroasia menetap di Selatan. Sebagian besar keturunan Bosnia yang terpisah ketika perang saudara. Di luar Bosnia, etnis Albania menempati posisi kedua dengan populasi 0.58 persen. Disusul Roma (0.21 persen) dan Turki (0.01 persen).

Walaupun termasuk minoritas, pertambahan populasi di kalangan Muslim cukup pesat. Bahkan sebelum menjadi Republik Kroasia, populasi Muslim mencapai 1.239. Mereka kebanyakan menetap di Zagreb.

Pada tahun 1948, jumlahnya mencapai 16.185 jiwa. Meningkat lagi pada tahun 1971, yakni mencapai 18.487 jiwa. Dan kini, jumlahnya mencapai 57.687 jiwa dan diperkirakan terus bertambah.

Dalam beribadah, Muslim Kroasia sangat terbantu dengan masjid peninggalan Ustmani. Masjid yang berlokasi di Zagreb ini merupakan salah satu yang terbesar dan paling indah di Eropa. (nat/dbs)

 


Back to Top