Rumah Zakat Luncurkan Program Sekolah UMKM untuk Para Pengusaha

gomuslim.co.id- Rumah Zakat (RZ) berkerja sama dengan DMID menggelar Workshop dan Launching program Sekolah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Hotel Benua, Bandung, Jumat (17/02). Sekolah UMKM ini ditujukan sebagai wadah untuk mencari solusi atas  permasalahan yang kerap dihadapi para pengusaha.

Dalam rilisnya, RZ menyebutkan para peserta Sekolah UMKM adalah para member usaha binaan yang telah mendapatkan akses permodalan dan pendampingan usaha terpilih dari wilayah ICD RZ. Sekolah UMKM tidak hanya diberikan kepada pelaku UMKM namun juga diberikan kepada para pendamping usaha atau Micro Business Officer (MBO).

Sebagaimana sekolah pada umumnya, Sekolah UMKM pun menerapkan kurikulum pengajaran dalam implementasinya, hal ini bertujuan agar para pelaku usaha maupun tenaga pendamping memiliki kompetensi yang berdaya saing di pasar lokal maupun Internasional.

Adapun, program ini tercipta karena data statistik dan riset menunjukan bahwa UMKM mewakili jumlah kelompok usaha terbesar di Indonesia, dan terbukti menjadi penyangga perekonomian nasional saat krisis ekonomi berlangsung.

Selain itu, UMKM juga menciptakan lapangan kerja yang cukup besar sehingga menjadi upaya solutif bagi permasalahan pengangguran.

Sekolah UMKM mendapat respon yang sangat baik dari para peserta yang hadir, banyak yang akhirnya menyadari kekurangannya dalam berusaha. RZ juga sangat terbuka bagi semua pihak yang ingin berkontribusi dalam Sekoah UMKM ini.

“Materinya sangat bermanfaat, jadi ini bisa jadi untuk penguatan produk saya, dari yang asalnya saya fokus ke laba, dengan adanya workshop ini saya jadi bisa fokus bagaimana untuk memperluas penjualan, saya akan lebih fokus ke kemasan, karena selama ini kelemahan saya pada kemasan jadi saya akan fokus ke kemasan” Desi, salah satu peserta dari ICD Kediri.

 Untuk diketahui, Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang digagas sejak tahun 1998. Lembaga ini mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz)

Baca juga:

Ajak Relawan Turun Langsung ke Desa Binaan, Rumah Zakat Gelar 'Pekan Berbagi Senyum'


Back to Top