Ilustrasi Rosie Berhijab Jadi Populer di Chicago

gomuslim.co.id- Gambar Rosie Riveter mencerminkan ikon budaya dari Amerika Serikat , yang mewakili perempuan Amerika dalam melakukan pekerjaan menyamai kapasitas laki-laki. Rosie Riveter digunakan sebagai simbol feminisme dan kekuatan ekonomi perempuan. Gambar tersebut pernah menjadi subjek, judul lagu dan film Hollywood selama Perang Dunia II.

Pada grafis Rosie The Riveter yang digambar mengenakan bandana polkadot merah. Kini tak hanya mengenakan bandana tapi juga hijab. Dialah Malak Afaneh seorang siswi Muslim dari Chicago yang menjadi illustrator gambar Rosie The Riveter dengan versi berhijab.

Tak hanya mengenakan hijab, Malak juga menambahkan manset putih agar bagian lengan tertutupi tidak seperti grafis aslinya. Meski tidak sama persis namun gambar itu mewakili Rosie The Riveter.

Malak yang merupakan siswi SMA di salah satu sekolah Chicago menjelaskan bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang salah paham dengan penggunaan hijab. Padahal hijab merupakan salah satu ciri khas seorang Muslim. Oleh karena itu tak heran bila banyak wanita berhijab yang menjadi korban Islamophobia karena ditargetkan sebagai seorang Muslim.

Lebih lanjut, siswi berusia 17 tahun itu mengatakan terkadang suka mendengar cerita teman-teman lainnya yang mengenakan hijab mendapat diskriminasi di tempat umum. Selain itu sering kali ia mendengar celaan akan Islam oleh orang tak dikenal. Karena itu melalui kaos ikonik tersebut ia berusaha menyebarkan pesan positif kepada semua orang bahwa Muslim mencintai kedamaian.

“Melalui kaos Rosie berhijab ini aku bergarap bisa mewakili gerakan para wanita Muslim agar mereka merasa aman dan dicintai Amerika Serikat," imbuh Malak yang sudah berhijab sejak berusia 12 tahun.

Selain tambahan ilustrasi hijab, Malak bersama salah satu rekannya, Gabriel Franco juga menambahkan tulisan Arab yang artinya 'Bersama Kita Bisa'. Mereka mencetak ilustrasi tersebut dengan dasar kaos berwarna biru muda.

Kemudian ia bersama rekan-rekan lainnya di sekolah Lane Tech College Prep menjual kaos tersebut ke murid-murid lainnya dan staf sekolah dengan harga US$ 10. Tak disangka, kaos tersebut laris terjual dalam waktu cepat. Setiap US$ 2 dari penjualan satu kaos akan disumbangkan ke National Zakat Foundation, lembaga Muslim yang membantu para pengungsi serta orang-orang yang membutuhkan lainnya.

"Saya pasti menghargai ketika orang bertanya langsung kepada saya mengenai hijab, bagaimana mereka ingin tahu lebih banyak dan lebih dekat," ujar Malak.

Dirinya berharap agar rencananya dalam memperluas pasar kaos tersebut menjadi popular di Chicago terwujud. Karena ilustrasinya yang unik banyak orang yang tertarik dengan kaos buatannya. Ia berharap kaos Rosie berhijab bisa membuat orang lain menjadi penasaran tentang hijab dan bertanya langsung kepada yang memakainya sehingga tidak ada lagi kesalahpahaman tentang Muslim. (nat/dbs)


Back to Top