Inisiator Asal Sulawesi Selatan Sukses Pimpin Aksi Damai Today ‘I Am A Muslim Too’ di New York

gomuslim.co.id- Berbagai lapisan masyarakat Amerika dari berbagai lintas agama turut membanjiri dan menyuarakan protes terhadap kebijakan Islamphobia . Aksi ‘Today I Am A Muslim Too’ tersebut berlangsung di pusat kota New York Times pada, Minggu, (19/02/2017).

Aksi dan pawai tersebut berlangsung dengan semarak dan tertib. Massa mengibarkan puluhan bendera kebangsaan Amerika Serikat. Ratusan orang membawa spanduk atau poster bertuliskan “Kami Rakyat Amerika” dengan gambar seorang Muslimah berhijab.

Kegiatan yang berhasil menyedot ratusan ribu partisipan dari berbagai kalangan ini diinisiasi oleh salah satu tokoh Muslim AS kelahiran Indonesia bernama Imam Shamsi Ali, seperti yang dilansir oleh publikasi USA Today, Senin (20/02/2017).

Alhamdulillah, dengan izin Allah dan kerja keras semua yang terlibat, rally dengan tema ‘Today I Am A Muslim Too’ berjalan dengan sukses. Peserta yang membludak di lima blok di Times Square, jantung kota New York, itu diperkirakan mencapai tujuh ribu sampai 10 ribu peserta,” ungkap Imam Shamsi Ali putra dari Sulawesi Selatan.

Selain itu, aksi damai diikuti pula oleh para tokoh lintas agama di New York. Tidak ketinggalan, sosok-sosok bintang Hollywood juga tampil menyuarakan dukungan anti-Islamofobia. Misalnya, produser musik ternama AS, Russell Simmons. Dari unsur pemerintah kota New York, hadir sejumlah anggota dewan dan bahkan Wali Kota New York, de Blasio.

Dia meyakini aksi tersebut menjadi bukti bahwa masyarakat AS masih memilki semangat kebinekaan. Sebagai koordinator utama pelaksanaan acara ini, Imam menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara non-Muslim, yang dengan tegas dan tanpa ragu memberikan dukungan dan pembelaan terhadap komunitas Muslim.

“Saya menyebutkan dukungan mereka sebagai bentuk wajah Amerika yang sesunguhnya. Alhamdulillah,” ujarnya.

Muhammad Syamsi Ali, lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada 5 Oktober 1967. Dia adalah seorang imam di Islamic Center of New York dan direktur Jamaica Muslim Center, sebuah yayasan dan masjid di kawasan timur New York, Amerika Serikat, yang dikelola komunitas muslim asal Asia Selatan. Syamsi Ali aktif dalam kegiatan dakwah Islam dan komunikasi antaragama di Amerika Serikat (terutama pantai timur.

Pada musim haji tahun 1996, Syamsi Ali mendapat amanah untuk berceramah di Konsulat Jenderal RI Jeddah di Arab Saudi. Dari sanalah bertemu dengan beberapa jamaah haji luar negeri, termasuk Dubes RI untuk PBB, yang sekaligus menawarkan kepadanya untuk datang ke New York, Amerika Serikat. Tawaran ini kemudian diterima Syamsi Ali dan ia pindah ke New York pada awal tahun 1997. (nat/dbs)

 Baca juga:

Kampanye Perdamaian, Aksi 'I Am A Muslim Too' Sukses Digelar di New York

 


Back to Top