Komunitas Muslimah Indonesia Sediakan Menu Makanan Khas Nusantara untuk Tuna Wisma di Australia

gomuslim.co.id- Budaya ringan tangan masyarakat Indonesia dalam berbuat kebaikan dan saling berbagi menjadi hal yang tak pernah di lupakan meski tinggal di luar negeri. Hal serupa dilakukan oleh sekelompok Muslimah asal Indonesia yang tinggal di kawasan sekitar Woodridge, Kota Logan, kawasan bagian Tenggara Brisbane, Australia.

Di Masjid kawasan Slacks Creek dan Muslim Charitable Foundation, setiap awal bulan selalu kedatangan sekitar 70-an tuna wisma, kelompok Muslimah asal Indonesia dibantu dengan pengurus masjid selalu melayani mereka untuk menyiapkan makan malam.

Susi Syafrul selaku koordinator kegiatan mengaku kegiatan rutin mereka dilakukan setiap Jumat awal bulan. “Kami menyiapkan makan malam lengkap untuk dibagikan kepada para tuna wisma yang ada dikawasan ini. Pembagian dilakukan di stasiun Woodridge,” ujar Susi.

Kendati demikian, yang menjadi hal berbeda adalah menu makanannya. Mereka menyajikan menu makanan Indonesia. Padahal tuna wisma yang mendapatkan makanan adalah warga Australia, namun mereka tetap merespon dengan positif.

Di antara menu makanan yang pernah mereka sajikan antara lain; nasi goreng, mie goreng, nasi uduk dan nasi kuning. Sesekali memang mereka membuat menu masakan praktis seperti burger atau membeli pizza. Biasanya makanan cepat saji itu diberikan saat anak-anak libur musim sekolah sehingga menyulitkan bagi mereka untuk berkumpul.

Ansyari selaku pengurus masjid yang  bertugas membagikan makanan di stasiun Woodridge, bercerita saat ia membagikan makanan respon para tuna wisma yang positif, mereka memuji rasa makanan Indonesia enak.  

“Sepertinya mereka sudah tahu, awal bulan adalah giliran kalian menyiapkan makanan sehingga antrean akan sangat panjang,” imbuhnya.

Jumlah umat Muslim di Brisbane ada sekitar 20 ribu orang. Angka yang sangat kecil dibanding total populasi kota yang lebih dari 2 juta jiwa. Adapun total Muslim Australia sekitar 280 ribu atau sekitar 1,5 persen dari total populasi negara. Sepertiga jumlah tersebut lahir di Australia. Sisanya berasal dari lebih 60 negara yang beragam.

Populasi Muslim Brisbane terkonsentrasi di bagian selatan kota. Di kawasan tersebut sedikitnya terdapat delapan masjid dan tiga sekolah Muslim. Umat Muslim di ibu kota negara bagian Queensland tersebut memang hidup dengan nyaman, fasilitas ibadah pun tersedia.

Pendidikan agama juga ditawarkan banyak lembaga. Kuliner halal termasuk daging halal pun kini mudah ditemukan. Bahkan supermarket menjual pangan halal dengan tanda label, sehingga Muslim Brisbane tak pernah kesulitan menemukannya.

Beberapa organisasi Islam di Brisbane yaitu Asosiasi Muslimah Queensland, Akedemi Islam Darul Ulum, Asosiasi Islam Kuraby, Lembaga Islam Queensland, Masyarakat Musim Bald Hills, Masyarakat Muslim Darra, Masyarakat Muslim Holand Park, Masyarakat Muslim Lutwyche, Asosiasi Islam West End, dan lain sebagainya. (nat/dbs)


Back to Top