Peggy Melati Sukma Sukses Galang Dana Amal Ratusan Juta Bersama Syar’i Community Indonesia

gomuslim.co.id- Sebagai bentuk dukungan penuh untuk membantu korban bencana gempa bumi di Pidie Jaya Aceh pada 7 Desember 2016 lalu. Aktris berhijab Peggy Melati Sukma melakukan penggalangan dana di Qatar.

Dia berhasil mengumpulkan 150.000 riyal. “Hampir 600 juta rupiah,” ujar Peggy di sela acara Syar’i Community Indonesia (SCI) di Jakarta, Rabu (22/02/2017). Peggy yang baru saja tiba di Tanah Air merasa senang karena SCI yang menaungi perancang busana Muslim tanah air juga turut memberi sumbangsih. 

Muslimah yang juga terlibat menjadi Badan Penasehat di SCI mengaku bahwa para desainer yang tergabung dalam SCI membuat busana-busana yang ditujukan untuk sedekah. “Saya baru saja tiba dari Qatar, di sana busana SCI ludes, Alhamdulillah,” pungkas Peggy.

Komunitas SCI dibentuk pada 19 Desember 2016 oleh 30 perancang busana Muslim di Indonesia. Selain  fokus pada bidang fashion syar’i, komunitas ini juga punya fokus sosial yang diwujudkan lewat gerakan 1000 hijab syar’i untuk Indonesia.

Lebih lanjut Peggy menuturkan gerakan ini bertujuan untuk mendistribusikan hijab syar’i kepada wanita Indonesia yang tinggal di pelosok sehingga sulit mendapatkan busana Muslimah yang menutup aurat. “Di mana mereka kesulitan mengakses pakaian Muslimah,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan Peggy belakangan ini pun ini tak lepas dari dakwah, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Peggy mengatakan setahun terakhir dirinya sudah memulai gerakan dakwah di Amerika Serikat dengan basis di New York.

Dirinya juga terlibat dalam gerakan membangun 99 Rumah Qur’an Asmaul Husna di mana pembangunan Rumah Qur’an kelima turut dibantu oleh SCI. Beberapa pendiri komunitas ini sudah tidak asing di mata publik, mereka adalah Cindy Fatikasari, Risty Tagor, Terry Putri hingga Okky Setiana Dewi.

Syar’i  Community Indonesia (SCI)  adalah wadah bagi para Muslimah dalam hal ini para desainer busana syar’i untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup lebih bersikap syar’i dimulai dengan berpenampilan syar’i lalu bergerak terus melalui aktivitas sosial, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi kreatif.

Selain menggalang dana bersama SCI di Qatar. Peggy juga melakukan duet dalam konser amal guna menggalang dana bagi korban bencana gempa di Aceh yang merupakan kerjasama masyarakat Serambi Mekah di Qatar (Masmeqar), KBRI Doha dan Persatuan masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) tepatnya di Kota AlKhor.

Kegiatan ini juga memperoleh sponsor dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) beserta Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya yang mengalami bencana gempa pada 7 Desember 2016 lalu. (nat/antara/dbs)

Baca juga:

Syar’i Community Indonesia Wadahi Desainer Busana Hijab Tanah Air


Back to Top