Gandeng Kwarnas Gerakan Pramuka, BRI Syariah Siap Perluas Pasar dan Tingkatkan Layanan

gomuslim.co.id- Bank syariah di Indonesia terus berupaya memperluas pangsa pasar. Berbagai kerjasama pun dilakukan demi meningkatkan layanan dan kemanfaatan. Baru-baru ini, BRI Syariah menggandeng Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pamuka untuk memasarkan layanan perbankan syariah.

Kedua belah pihak mengukuhkan kerjasama ini dengan menandatangani sebuah nota kesepahaman di Taman Wiladatika, Cibubur, Rabu (22/02/2017). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan Direktur Utama BRISyariah Moch. Hadi Santoso.

Atas kerjasama tersebut, bank syariah akan memberikan layanan perbankan syariah kepada Kwarnas Pramuka. Selain itu, bank syariah ini juga akan memberikan pendidikan dan pelatihan ekonomi syariah dalam bentuk seminar workshop dan lokakarya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi seluruh SDM Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BRI Syariah, Moch. Hadi Santoso mengatakan Kwarnas Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal berhak mendapatkan manfaat produk dan jasa perbankan syariah dari BRI Syariah. Apalagi organisasi ini banyak diisi oleh kalangan muda Indonesia yang sedang ditempa pendidikan dan pembinaan.

“Tujuan kerja sama ini adalah sebagai dasar bagi BRI Syariah dan Kwarnas Gerakan Pramuka untuk menggalang sinergi dan potensi kedua belah pihak untuk saling memberikan manfaat. Baik dalam hal produk dan jasa layanan perbankan syariah maupun pendidikan dan pelatihan berbasis ekonomi syariah,” kata Hadi.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk peningkatan layanan kepada nasabah. Hadi mengharapkan kerja sama pemanfaatan jasa layanan perbankan antara BRI Syariah kepada Kwarnas Gerakan Pramuka bisa menjadi pintu masuk menuju kerja sama yang lebih luas.

“Dengan cara ini, BRI Syariah terus berupaya memperluas pasar sasaran, tentunya dengan didukung dengan IT yang canggih. Kerjasama pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan antara BRI Syariah dengan KWARNAS Gerakan Pramuka kali ini diharapkan akan menjadi pintu masuk menuju kerja sama yang lebih luas,” ujar Hadi.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengatakan kedua pihak bekerja sama menyediakan tabungan haji berserta kartu ATM untuk anggota Pramuka. tabungan haji BRI Syariah, kata dia, ditujukan untuk anggota Pramuka yang berada di tingkat siaga dan penggalang.

“Mereka nantinya akan memiliki Kartu Anggota Pramuka yang disatukan dengan kartu ATM dan tabungan haji. Tabungan ini bisa digunakan untuk pergi haji bagi adik-adik Pramuka. Bagi yang bukan beragama Islam, (tabungan ini) bisa digunakan untuk pergi ke kota sucinya,” kata Adhyaksa.

Wakil Ketua Kwarnas Bidang Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka (BUMGP) Ridjal J. Kotta, menjelaskan MoU ini diawali dari kunjungan BRI Syariah ke kantor Kwarnas beberapa waktu lalu. Ada presentasi dari pihak BRI Syariah yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kwarnas.

Ridjal menambahkan selain mendapatkan layanan perbankan syariah, Kwarnas Gerakan Pramuka juga bsia mengetahui jumlah anggota Pramuka seluruh Indonesia melalui data nasabah. Dengan begitu, Kwarnas Gerakan Pramuka bisa mengetahui jumlah anggota Pramuka di setiap tingkat (siaga, penggalang, dan pandega) dan mereka terdaftar di sekolah mana. “Dengan begitu, kami bisa mengetahui jumlah anggota Pramuka yang valid,” kata dia. (njs/dbs)


Back to Top