Liburan Raja Salman ke Bali Buka Peluang Wisatawan Timur Tengah ke Indonesia

gomuslim.co.id- Kunjungan Kerajaan Arab Saudi ke Indonesia pada awal Maret mendatang tak sekedar kunjungan kenegaraan, namun Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan rombongan memiliki rencana untuk berlibur ke pulau Dewata Bali.

Bersama 1.500 orang rombongan yang di antaranya 10 menteri dan 25 pangeran, liburan Raja Salman ke Bali membawa angin segar bagi pariwisata Indonesia untuk menggaet Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Timur Tengah.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan kedatangan rombongan Raja Salman membantu lonjakan pendapatan perhotelan. 

"Sesungguhnya peningkatan persentase sangat signifikan. Kalau peningkatan kunjungan dari Arab Saudi tahun 2015 ke 2016, peningkatannya sekitar 46 persen," ujar Cok, panggilan akrabnya pada, Kamis, (23/02/2017).

Lebih lanjut, Cok mengatakan rencana kedatangan rombongan Raja Salman akan memberi daya tarik khusus bagi kepariwisataan di Bali. Anggapan yang selama ini dikhawatirkan bahwa tidak banyak tempat di sini (menyediakan makanan) yang halal ternyata itu terjawab ketika Raja Arab Saudi datang berlibur ke Bali.

“Kedatangan wisatawan dari Arab Saudi beberapa tahun terakhir cukup meningkat setelah dibukanya rute penerbangan maskapai Emirates ke Bali. Walaupun jumlahnya tak sebanyak turis Australia, persentase peningkatan wisman Arab Saudi menajdi tertinggi di antara wisman lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Cok mengatakan sedikitnya ada 7 hotel bintang lima yang akan digunakan untuk penginapan rombongan Raja Arab Saudi. Semua hotel itu berada di kawasan Bali Tourism Development Corporation (BTDC), Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Fasilitas dan harga sewa kamar dipilihkan sesuai permintaan. “Ada harga kamar yang Rp 20 juta per malam. Tarifnya bisa lebih dari itu kalau memang ada permintaan khusus. Harga reguler kisaran Rp 5 juta sampai 20 juta, tapi kami belum tahu Raja Arab Saudi menginap di hotel yang mana,” katanya.

Sebagian besar kawasan BTDC merupakan tempat hotel bintang lima. Seperti Inna Putri Bali, yang memiliki pesona khusus. Lokasinya terletak di kavling S3, cocok untuk acara rileks sambil menikmati budaya lokal dan pertunjukkan seni khas Bali. Ada juga The Bey, hotel bintang lima yang menyajikan spesialisasi makanan lokal dan internasional. Menunya mulai bebek bengil dan bumbu nusantara sampai masakan Jepang.

Selain itu di kawasan BTDC juga tersedia salah satu dari 5 lapangan golf terbaik di Asia, Bali National Golf Club dengan 18 hole. Di sini  menawarkan area tanah yang unik, pedalaman yang asri, daerah perbukitan, kebun kelapa dengan pantai yang berombak. Ada pula Museum Pasifika, salah satu obyek wisata terbesar di Bali dengan bangunan yang menakjubkan. (nat/dbs)


Back to Top