Gandeng Pesantren Minnatul Huda Purwakarta, Majelis Ulama Indonesia Kembangkan TVMUI

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana mengembangkan TVMUI melalui kerja sama dengan Konsorium Badan Usaha Ekonomi Pesantren Minnatul Huda, Purwakarta, Jawa Barat.

Rencana tersebut disampaikan oleh Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom), Masduki Baidlowi di Gedung MUI Pusat, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Pada kesempatan itu, Masduki juga menyampaikan bahwa kerjasama ini akan menghasilkan program televisi baru bertema pengembangan ekonomi pesantren.

“Rencananya, program televisi ini merupakan hasil kerja sama TVMUI dengan Konsorsium Badan Usaha Pondok Pesantren Bina Masyarakat Minnatul Huda,” tukasnya.

Saat ini program yang sudah ada adalah hasil kerjasama TVMUI dengan komisi di bawah naungan MUI. Program seperti Fatwa, Ekonomi Syariah, sampai Kultum adalah kerjasama TVMUI dengan Komisi Fatwa, Dewan Syariat Nasional (DSN), dan Komisi Dakwah.

Lebih lanjut, berbagai program akan berlangsung selama satu jam setiap minggunya. Program ini akan diisi oleh praktisi ekonomi, pimpinan lingkungan pesantren, dan sosok yang kompeten di bidang itu. “Mengenai detil program kami masih akan membahas lagi di pertemuan selanjutnya,” sambungnya.

Semenara itu, untuk pengoptimalan program TVMUI, Masduki menilai MUI perlu merekrut beberapa orang semi-profesional untuk mengawal TVMUI.

“Diperlukan terlebih dahulu kelegkapan SDM yang semi-profesional tersebut. Tidak perlu buru-buru, yang penting ke depan bisa berjalan dengan baik,” pungkas Masduki.

Pihaknya berharap agar program baru ini mampu menjadi wadah sosialisasi serta menumbuhkembangkan ekonomi pesantren dan pedesaan. 

MA Minnatul Huda sendiri merupakan Madrasah Aliyah, yang berupaya untuk ikut andil dalam ikhtiar mencerdaskan bangsa dengan memadukan sistem pendidikan (kurikukulum) formal dengan sistem pendidikan (kurikulum) pondok pesantren terpadu Minnatul Huda. Lembaga pendidikan ini diselenggarakan oleh  Yayasan Minnatul Huda (dibawah Kementrian Agama) yang bernafaskan  ke- Islaman, serta berkesan modern.

Ditinjau dari kelembagaan, MA Minnatul Huda Purwakarta mempunyai tenaga akademik yang memadai dalam pemikiran, dan pengalaman mengajar.  MA Minnatul Huda Purwakarta akan membekali para siswa dengan  ilmu umum (diantaranya  ilmu komputer), dan ilmu agama. Dimana disediakan asrama, bagi yang berminat memperdalam agama di Pondok Pesantren Terpadu AL – MINA.

Sedangkan Majelis Ulama Indonesia endiri memiliki tujuan untuk mencetak masyarakat yang berkualitas (khaira ummah), dan negara yang aman, damai, adil dan makmur rohaniah dan jasmaniah yang diridhai Allah Swt (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur). Untuk mencapai tujuannya, MUI melaksanakan berbagai asaha, antara lain memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat, merumuskan kebijakan dakwah Islam, memberikan nasehat dan fatwa, merumuskan pola hubungan keumatan, dan menjadi penghubung antara ulama dan umara. (nat/dbs)


Back to Top