Masuki Ranah Pendidikan, Baznas Bagikan Beasiswa untuk Pelajar di Sulawesi Utara

gomuslim.co.id- Program bidikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tak hanya sebatas pada pengelolaan zakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Baznas Sulawesi Utara (Sultra) pun turut berkontribusi di dunia pendidikan. Melalui kerja sama dengan Baznas RI, lembaga di bawah kendali H AM Hasbi Saing ini menyalurkan bantuan beasiswa pada 130 pelajar di Sultra.

Bantuan beasiswa yang diberi nama 'Indonesia Cerdas' disalurkan di semua jejang tingkatan pendidikan mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Penyerahan bantuan beasiswa ini diwakili Gubernur Sultra H Nur Alam di Aula Bahteramas, Kamis (23/02/2017).

Dalam sambutannya Nur Alam berpesan agar para penerima beasiswa bisa lebih termotivasi untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi.

“Apalagi persaingan dan tuntutan jaman akan lebih semakin kompetetif. Semoga dengan adanya bantuan beasiswa ini, diharapkan anak-anak menjadi lebih rajin belajar, banyak berdoa untuk diberi kemudahan dalam melanjutkan pendidikannya, serta tercapai yang dicita-citakan,” tutur Nur Alam.

Pihaknya juga turut  mengapresiasi program Baznas. “Apalagi program ini sejalan dengan Pemprov Sultra,” katanya. Dia  berharap agar program ini bisa terus berkelanjutan dan lebih banyak mengajak pegawai untuk mempercayakan penyaluran zakat dan sedekahnya ke Baznas Sultra. 

Lebih lanjut, Nur Alam menambahkan program ini tak sekadar upaya pendekatan kepada Allah tetapi juga pendekatan kepada antar sesama manusia. "Terima kasih kepada Baznas yang telah memberi perhatian dengan menyalurkan bantuan beasiswa kepada anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu yang merupakan penyaluran pertama di tanah air dan berlaku untuk daerah lainnya," imbuh Nur Alam.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Ketua Baznas Sultra H AM Hasbi Saing mengatakan, program ini merupakan kerja sama dengan Baznas Pusat. Setiap saat, pusat selalu melakukan monitoring dan pembinaan kepada penerima beasiswa dan bantuan.

“Tahun ini, ada 130 pelajar yang meraih bantuan yang terdiri dari; 30 orang masing pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Sementara untuk di perguruan tingg sebanyak 40 mahasiswa,” papar Hasbi.

Jika dirinci, bantuan yang diberikan untuk pelajar SD sebesar Rp 200 ribu per bulan, SMP Rp 250 ribu per bulan dan SMA sebesar Rp 300 ribu per bulan. Untuk perguruan tinggi Rp 10 juta per orang yang penyalurannya per tahun. Secara keseluruhan, total beasiswa yang disalurkan sebesar Rp 774 juta.

Dengan adanya bantuan beasiswa ini, pihaknya berharap mampu meningkatkan kualitas SDM Sultra terutama bagi pelajar kurang mampu.

Kendati demikian, Baznas pun rutin memberikan bantuan pada kaum dhuafa, panti asuhan, infaq dan sedekah untuk masjid, surau, pesantren dan lembaga keagamaan. (nat/dbs)


Back to Top