Inilah Aktor Muslim Pertama yang Meraih Penghargaan Piala Oscar

gomuslim.co.id- Prestasi muslim kian membanggakan dalam berbagai bidang, termasuk di dunia perfilman. Baru-baru ini, seorang aktor Muslim berhasil menyabet Piala Oscar untuk pertama kalinya. Dia adalah Mahershala Ali yang mendapat prestasi di ajang penghargaan paling bergengsi bagi perfilman dunia, Academy Award.

Kegiatan yang resmi digelar di Dolby Theatre, Hollywood and Highland Center, California, Amerika Serikat (AS), pada Minggu (26/02/2017) itu merupakan perhelatan akbar Piala Oscar ke-89. Pada kesempatan tersebut, aktor asal Amerika Serikat berusia 43 tahun ini berhasil meraih Best Supporting Actor (aktor pembantu terbaik) lewat perannya sebagai Juan dalam film Moonlight.

Dalam nominasinya, pria warga Amerika Serikat, kelahiran 1974 ini bersaing ketat nominator lainnya. Mereka adalah Dev Patel (Lion), Lucas Hedges (Manchester by The Sea), serta Michael Shannon (Nocturnal Animals) dan Jeff Bridges (Hell or High Water).

Sebelum menuju panggung untuk menerima tropi Oscar, pria yang nama lahirnya Eric Gilmore ini sempat menyalami Jeff Bridges. Dalam sambutannya, Ali mengatakan dirinya sangat berterimakasih sejumlah nama yang disebutnya sebagai guru. "Mereka secara terus-menerus mengatakan kepada saya bahwa ini bukanlah tentang Anda, tetapi tentang karakter yang Anda mainkan," katanya.

Ali juga menjadi aktor berkulit hitam kelima yang mendapat Oscar untuk kategori tersebut. Meskipun tidak berbicara secara khusus tentang keyakinannya, Ali berbicara tentang pentingnya toleransi beragama dalam sambutannya di Screen Actors Guild Awards bulan lalu. "Ibuku seorang pendeta. Saya Muslim. Tujuh belas tahun lalu, dia tidak marah ketika saya mengungkap telah menjadi Muslim," tutur Ali, seperti dilansir dari publikasi Times. 

Dia melanjutkan pidatonya dengan mengucapkan terima kasih kepada sutradara Moonlight, Barry Jenkins, dan seluruh pemain dan kru. Dia juga memberikan apresiasi tinggi kepada istrinya dan putrinya, yang baru lahir empat hari yang lalu. "Saya ingin berterima kasih kepadanya untuk bisa melalui proses ini, dan membawa saya melalui semuanya," katanya.

Selain itu, film besutan Barry Jenkins ini menceritakan kisah seorang pemuda Afrika-Amerika yang berjuang mendapatkan tempat di sebuah kawasan keras di Miami. Ali yang berperan sebagai pengedar narkoba, menampilkan akting menawan meski muncul tak terlalu lama dalam film tersebut.

Pekerja film beragama Islam sudah berulang kali meraih Oscar dalam berbagai katagori termasuk pembuat film dokumenter asal Pakistan Sharmeen Obaid-Chinoy dan sutradara Iran, Asghar Farhadi. Namun, dalam katagori akting, Mahershala Ali adalah orang pertama yang mengangkat patung emas Oscar.

Ali sendiri tertarik untuk masuk Islam saat Amatus tengah belajar akting di Experimental Theatre Wing, New York University. Kala itu, Amatus yang ingin masuk agama Islam, mengajak Ali untuk mengunjungi sebuah masjid di Philadelphia.

Di masjid itu, Ali mengalami sebuah peristiwa yang tak dapat ia mengerti. Mahershala Ali menangis tersedu saat mendengar khotbah dan doa. "Aku tak mengerti mengapa aku menangis, karena doa itu dalam bahasa Arab dan aku tak bisa berbahasa Arab sama sekali. Aku terus menangis, suatu hal yang belum pernah kualami sebelumnya," kata dia.

Setelah kejadian ini, tak berapa lama ia lantas merasakan dorongan yang kuat untuk kembali ke masjid. Peristiwa yang sama kembali terjadi, ia menangis tersedu-sedu. Pria di sebelahnya menepuk Ali dan menanyakan apakah ia muslim.

Setelah mengetahui bahwa ia bukan muslim, pria tersebut bertanya apa ia mau menjadi mualaf. "Aku jawab iya. Pria itu lalu membawaku pada imam, dan aku mengucapkan syahadat," kata Ali, mengenang peristiwa yang terjadi pada 31 Desember 1999 tersebut.

Adapun penghargaan Oscar 2017 untuk kategori Kostum Terbaik diraih film Fantastic Beasts and Where to Find. Film ini mengalahkan film La La Land, Allied, Jackie dan Florence Foster Jenkins. Sementara, kategori Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik Oscar diraih film Suicide Squad. Film ini mengungguli nominasi lainnya seperti A Man Called Ove. (njs/dbs)

 

 


Back to Top