Sajikan Kuliner Halal, Tiga Destinasi Wisata Ini Jadi Andalan Turis Muslim di Kanada

gomuslim.co.id- Wisata halal memang sedang menjadi tren dunia saat ini. Salah satu hal penting dalam menjalani liburan bagi umat Islam ini adalah tersedianya kuliner atau makanan halal. Terlebih jika para wisatawan muslim berwisata ke Negara yang penduduk muslimnya masih minoritas, seperti Kanada.

Negara bagian utara benua Amerika ini memiliki sejumlah wisata yang dekat dengan rumah makan halal. Hal ini seiring dengan masyarakat Kanada yang semakin terbuka dan menerima Islam. Setidaknya ada tiga lokasi cantik dan punya banyak atraksi yang saying untuk dilewatkan bagi turis muslim.

Pertama, ada Casa Loma Kota Toronto. Kota ini menjadi salah satu kota terbesar di Kanada yang menawarkan lokasi wisata menarik. Casa Loma merupakan Kastil dengan taman seluas 5 ekar, 98 kamar, lorong-lorong rahasia, dan terowongan bawah tanah. Lokasi ini tidak hanya cantik dinikmati di siang hari, tapi juga di malam hari. Di dekat destinasi ini terdapat rumah makan ‘Steak and Cheese Factory’ yang menawarkan menu telur dan daging lezat yang halal.

Selanjutnya ada Akuarium Ripley Kanada. Nama 'Ripley' itu sendiri identik dengan sesuatu yang mencengangkan. Benar saja, akuarium ini dapat memukau Anda dengan sembilan akuarium berbeda dengan total 16.000 hewan laut. Selain untuk melihat kehidupan laut mereka, Akuarium Ripley memiliki segudang kegiatan bagi pengunjung.

Di dekat taman hiburan air tersebut, ada ‘Burger Factory’ yang menawarkan makanan penutup lezat khas Kanada. Makanan tersebut adalah funnel cake yang ditambah es krim, gula tabur, dan saus cokelat di atasnya.

Lalu yang ketiga ada Canada’s Wonderland.  Di tempat ini, turis bisa mencoba sesuatu yang menantang di Kanada. Roller coaster yang tingginya dapat membuat mata terbuka lebar karena pemandangan yang ditawarkan ketika di atas sangat menakjubkan. Di dekat tempat ini, ada food Court yang menawarkan sushi Jepang halal. ‘Teriyaki Experience’ bahkan menyajikan ayam dan daging sapi yang halal.

Semakin banyaknya restoran dan rumah makan halal ini menunjukan bahwa muslim semakin memliki tempat di masyarakat Kanada. Dalam data sensus nasional terbaru menunjukkan jumlah populasi muslim tiga persen dari populasi Kanada.

Muslim menjadi kelompok minoritas terbesar di Kanada. Menurut survei terbaru Muslim Kanada justru merupakan warga negera yang paling mencintai negaranya. Lebih dari 80 persen dari Muslim yang disurvei mengatakan mereka bangga menjadi warga Kanada. Persentase ini  lebih tinggi dari warga Kanada non-Muslim.

Pendiri Muslim Award For Excellence (MAX) Aazar Zafar mengatakan sebagian besar warga Kanada mengakui  agama  sebagai bagian dari multikulturalisme yang harus diakui. Zafar yang  merupakan  imigran Pakistan dan India ini dulunya  bersekolah di sekolah Katolik dan menghadiri gereja pada hari Jumat. Namun ia belajar prinsip-prinsip Islam di rumah. Dia memeluk Islam di kelas 11, saat bersekolah di sekolah umum dan bertemu Muslim lain untuk pertama kalinya.

Saat ini, Zafar bekerja sebagai manajer untuk dana pensiun di Toronto. Sebagai pekerja ia tetap mampu menjalankan ajaran agamanya dengan melaksanakan shalat lima kali sehari, mengunjungi sebuah masjid di pusat kota pada hari Jumat, berpuasa Ramadhan, dan menjalani kehidupan sosial dengan baik.

Seperti ratusan orang lain di kota, perusahaan Zafar telah menyiapkan ruang untuk shalat di kantornya untuk Zafar dan rekan Muslimnya.  "Di Kanada, saya pikir kami beruntung. Semua orang merangkul agar semua dapat menjalani kehidupannya," ujarnya sebagaimana publikasi dari csmonitor. (njs/csmonitor/dbs)

 


Back to Top