Viral di Media Sosial, Ini Sosok Putri Raja Salman Satu-satunya

gomuslim.co.id– Kunjungan Raja Salman beserta rombongannya yang dikabarkan berjumlah 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran, membuat sebagian netizen heboh. Tidak hanya itu, sebagian netizen keliru menyebarkan informasi dan foto terkait putri Raja Salman. Wanita berbaju kotak-kotak merah awalnya diklaim sebagai putri Raja Salman. Namun setelah ditelusuri, foto itu adalah Ginni Kapoor, seorang aktris dan model kelahiran Punjab, India.

Dari 12 anak, Raja Salman hanya memiliki seorang putri satu-satunya. Putri itu bernama Hassa bint Salman. Hassa merupakan putri Raja Salman dari istrinya yang bernama Sultana bint Turki. Raja Salman dan Ratu Sultana dikarunia 6 orang anak, Fahd (meninggal), Sultan, Ahmad (meninggal), Abdul Aziz, Faisal, dan Hassa. Ratu Sultana wafat di usianya ke-71 pada 2011 silam. Sementara itu, dari istrinya yang lain, Fahda bint Falah, Raja Salman dikaruniai 5 orang anak, Turki, Khalid, Nayef, Bandar, dan Rakan. Selain itu, Raja Salman juga mempunyai anak bernama Saud dari istrinya yang bernama Sarah bint Faisal.

Nama Hassa diambil dari nama Ibu Raja Salman, Hassa bint Ahmeda al-Sudairi. Hassa putri Raja Salman ini Hassa dikenal sebagai akademisi dalam bidang hukum dan politik. Hassa kerap menyuarakan pentingnya peran wanita dalam ranah publik di Arab Saudi. Pada 2013, Hassa merespon positif keputusan Raja Abdullah bin Abdul Aziz yang memilih 30 wanita dilibatkan dalam Majlis Syura Kerajaan Arab Saudi.

Bahkan menurut Hassa, jumlah tersebut masih terlalu sedikit mengingat wanita Arab Saudi masih banyak yang potensial. Selain itu, Hassa juga berpendapat bahwa pria dan wanita seharusnya diberikan hak yang sepadan dalam akses pendidikan. Bukti lain keseriusan Hassa dalam pengembangan potensi wanita Arab Saudi, Pada 2007, atas persetujuan ayahnya yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur Riyadh, Hassa memberikan apresiasi kepada para jurnalis wanita Arab Saudi dengan memberikan penghargaan sebanyak 200 ribu riyal Arab Saudi.

Putri Raja Salman yang hobi membaca ini kini menjadi Associate Professor dalam bidang hukum dan politik di Universitas King Saud, Riyadh. Selain rajin membaca, putri Raja Salman ini juga rajin menulis puisi. Salah satu puisinya yang terkenal berjudul Ukhtur Riyadh (Gadis Riyadh). Syair yang dikarangnya sendiri ini dihadiahkan untuk ayahnya, Salman bin Abdul Aziz. Saat itu, Hassa baru saja lulus dari Universitas King Saud untuk jenjang sarjana dalam bidang yang ditekuninya saat ini.

Terkait foto Hassa di media sosial, tidak banyak foto Hassa yang tersebar sebagaimana putri Raja Arab Saudi lainnya, seperti Putri Ameera dan Deena. Namun demikian, gomuslim menemukan foto Hassa saat memberikan penghargaan kepada sejumlah wanita Arab Saudi yang telah berkontribusi dalam pengembangan bidang kedokteran, pendidikan, jurnalistik, ekonomi, sosial dan budaya pada 2015, sebagaimana dipublikasikan Majalah Sayidati. Selain itu, ditemukan juga foto Hassa yang tidak mengenakan hijab yang tersebar di Youtube saat dirinya berkunjung ke Paris pada Oktober 2016 yang lalu. (ihs/dbs)


Back to Top