Kampanye Perdamaian, Islamic Centre Florida Gelar Dialog Kesatuan

gomuslim.co.id- Sebuah dialog digelar di Islamic Centre di Northwest Florida, Pensacola, Florida. Dialog tersebut mengenai membina kesatuan. Imam Islamic Centre di Northwest Florida Hosny Ibriham meminta, agar semua pihak mengedepankan persaudaraan dan sikap saling menghargai antar pemeluk agama.

Hosny Ibrahim mengatakan dialog ini dihadiri oleh mayoritas non-Muslim. Seluruh peserta dialog membangun keakraban dengan makan dan saling bekerjasama. “Saya sangat bangga begitu banyak masyarakat yang ingin belajar tentang Islam dan mendukung keragaman. Saya tidak percaya dengan jumlah peserta yang hadir,” pungkasnya, seperti dilansir oleh publikasi, pnj.com, Selasa (26/02/2017).

Salah seorang peserta, Mary Anne Reeves mengatakan, peserta non-Muslim yang hadir dalam dialog ini ingin belajar lebih banyak tentang Islam dan membangun keakraban dengan masyarakat sekitar. Reeves datang dengan dua anaknya yang masing-masing berusia 11 dan 13. 

Dia mengaku selama ini dirinya dan keluarga hanya mengetahui Islam dari pemberitaan media. Dan pemberitaan tersebut tidak utuh. Untuk itu, dia menginginkan, anak-anaknya tidak merasa takut tentang apa yang diberitakan media karena hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sementara itu Imam masjid Barrancas yang merupakan masjid pertama di Pensacola Mamun Rashied mengatakan, serangan teror oleh organisasi ekstrimis menyebabkan munculnya ketidakpercayaan di  beberapa komunitas  Muslim daerah.  Sehingga dapat merusak hubungan antar sesama Muslim untuk itu, harus segera dihentikan.

Menurut Rashied, terdapat sekitar 850 keluarga Muslim di daerah Pensacola. Dua masjid di Pensacola melayani sejumlah personel militer, termasuk pelatihan militer asing di Pensacola Naval Air Station.

"Jika kita mengerti satu sama lain, maka beberapa hambatan akan hilang. Yudaisme, Kristen dan Islam, itu semua datang dari sumber yang sama, akar yang sama. Mereka hanya tiga cabang yang berbeda,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, panitia membagikan selebaran yang berisi informasi dasar tentang Islam. Peserta juga diajak menyaksikan tata cara Muslim beribadah. 

Umat Muslim di Florida hidup bersatu tanpa menghiraukan faksi-faksi yang ada di dalam Islam. Kuncinya adalah karena umat Islam Amerika khususnya Florida telah mempunyai tingkat imtelektual yang sangat tinggi dan memahami esensi Islam yang sebenarnya yaitu Islam yang rahmatan lil alamin.

Penganut Syiah dan Sunni datang ke masjid yang sama,  untuk berdoa bersama, tidak ada yang mempermasalahkan hal tersebut. Masyarakat Florida memiliki pendidikan yang baik sehingga mereka ingin hidup dalam damai. (nat/dbs)

 


Back to Top