Festival Anak Saleh Kembali Digelar di Betung, Sumatera Selatan

gomuslim.co.id- Sebuah Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) yang ke-10 tingkat kecamatan dalam tema "Juara Santri Jujur Arif dan Ramah" berlangsung di Betung Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (01/03/2017).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumsel, Syamsul Rizal di Kecamatan Betung, Banyuasin, mengatakan, dengan adanya Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ini dapat menyampaikan pesan yang baik (Syiar Islam) dan ajang silaturahmi antarpengurus, ustadz, ustadzah serta wali santri.

Menurutnya selain dari syiar dan silaturahim sebagai bahan evaluasi, FASI juga dapat menjadi tolak ukur sejauhmana kemampuan para santri.

"Tartil Quran, azan serta iqomah, asyid Islami, cerdas cermat Alquran, mewarnai gambar, peragaan shalat, tilawah, terjemah lafdziyah, tahfidz jus amma, kisah Islami, kaligrafi dan pidato bahasa Indonesia," pungkasnya.

Dia mengatakan kegiatan FASI ini tingkatannya berjenjang dari kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional. Selain itu melalui FASI ini diharapkan para santri khususnya di Kecamatan Betung semakin semangat belajar. Sedangkan untuk ustadz dan ustadzah juga bisa menjadi bahan evaluasi agar ke depannya santri dapat berprestasi hingga tingkat nasional.

Kemudian, untuk pemerintah daerah agar segera merealisasikan Peraturan Gubernur, dan kegiatan lainnya untuk segera mengikuti Perda Banyuasin Nomor 15 Tahun 2014 tentang Baca Tulis Alquran.

Salah satu juri FASI, Muhammad Amir mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan terus meningkatkan kualitas para santri terhadap baca tulis Alquran. "Untuk kedepannya diharapkan acara Fasi terus ditingkatkan dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah," katanya.

Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi,baik santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an dan santri Ta’limul Qur’an  Lil Aulad.

Acara tiga tahunan ini, paling tidak memiliki fungsi utama, yakni ; Pertama, Sebagai media untuk memperkokoh silaturahim fungsional dalam upaya menopang Ukhuwah Islamiyah terutama di kalangan pengurus Badko TKA-TPA, para pengelola, guru dan santri TK/TP Al qur’an, dan Ta’limul Qur’an lil Aulad, seluruh aktivis TKA-TPA dan seluruh komponen bangsa yang mencintai Al-Qur’an dan pemerhati serta menyayangi anak-anak.

Kedua, sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan profesionalisme di setiap jenjang kelembagaan dalam upaya meningkatkan fungsi TKA-TPA.

Ketiga, sebagai media evaluasi kualitas santri yang selanjutnya akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajaran.

Untuk mengetahui santri unggulan di Tingkat Wilayah, maka FASI diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kota atau Kabupaten, dan tingkat Provinsi. (nat/dbs/fasi)

 


Back to Top