Raja Salman dan Rombongan Akan Disuguhkan Halal dan Healthy Food Khas Indonesia

gomuslim.co.id- Kehadiran lawatan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz ke Indonesia mendapat sambutan meriah, baik dari pemerintah maupun pihak-pihak yang berkepentingan. Di antaranya Garuda Indonesia yang dipercaya membantu menjamu rombongan Raja Salman selama di Indonesia, 1 sampai 9 Maret.

Ada sebanyak 150 koki disiapkan maskapai penerbangan terbesar di Indonesia tersebut. Namun, koki-koki itu bukanlah petugas utama, melainkan membantu juru masak kerajaan dalam menyajikan makanan Timur Tengah.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar mengatakan bahwa para kok bekerja dalam tiga shift selama 24 jam.

“Kami dipercaya membantu menyiapkan makanan rombongan kerajaan karena Garuda Indonesia selama ini dikenal sebagai maskapai penerbangan dengan halal food sebagai sajian.

Selain itu pihaknya menyanggupi permintaan tersebut dengan membawa gelar Garuda Indonesia sebagai World Best Airline for Halal Travellers dan World Halal Travel Award dalam World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 lalu, seperti yang dilansir oleh publikasi Tribunnews.

Nantinya, 150 koki itu selain membantu jurus masak kerajaan menyiapkan makanan Timur Tengah, mereka akan memasakan makanan khas Tanah Air bila ada permintaan khusus pihak kerajaan.

Raja Arab sudah tiba di Indonesia pada 1 Maret untuk melakukan berbagai kunjungan, di antaranya ke Istana Bogor, Masjid Istiqlal, dan berlibur ke Pulau Dewata Bali pada 4 sampai 9 Maret nanti. Di Istana Bogor, Raja Salman disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pihak penanggungjawab di Istana Bogor saat ini telah mengkonfirmasi bahwa Raja Salman akan dijamu menu-menu khas Indonesia yang dikombinasikan menu-menu Timur Tengah, seperti Nasi Kebuli perpaduan khas Betawi-Timur Tengah. Selain menu-menu utama, Raja Salman akan dihidangkan buah-buah lokal.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Darmansyah Djumala menyampaikan berbagai macam buah-buahan lokal khas Indonesia akan dihidangkan khusus untuk Raja Salman. Berbagai macam buah-buahan tersebut akan diperkenalkan kepada sang Raja pada saat jamuan makan siang. 

"Buah-buahan. Buah-buahan akan kita istilahnya dipamerkan di meja itu. Jadi termasuk dekor buah-buahan dan untuk dinikmati oleh Raja juga," pungkasnya.

Selain buah-buahan, masakan khas Indonesia dan Timur Tengah juga akan disajikan. Seperti makanan olahan hasil laut serta masakan khas Timur Tengah, yakni nasi kebuli. Sebagai hidangan ringan, berbagai macam makanan ringan juga akan dihidangkan. 

"Indonesia-nya kemungkinan akan kami siapkan ikan, seafood yang dibakar. Kemudian ada panganan-panganan ringan, desert Indonesia," ujarnya. 

Menurut Darmansyah, Sang Raja hanya meminta agar makanan yang disajikan berupa makanan sehat yang terdiri dari sayur-sayuran serta buah-buahan. Sedangkan untuk hiburan Raja Salman dan rombongan, beberapa tarian juga akan ditampilkan. 

"Tarian yang akan ditampilkan lekat hubungannya dengan Arab, seperti tari Aceh dan Melayu,” ujarnya.  (nat/dbs)

 

 


Back to Top