Pew Research Centre: Islam Akan Jadi Agama Terbesar di Dunia pada 2070

gomuslim.co.id- Perkembangan populasi umat Muslim dunia yang signifikan membuat Pew Research Centre (PRC) baru saja mengeluarkan hasil penelitian terbarunya. Menurut penelitian tersebut, Islam adalah satu-satunya agama yang tumbuh lebih cepat dari populasi dunia sehingga pada 2070 Islam akan menjadi agama terbesar di dunia.

Dalam analisis Pew Research Centre, adanya perubahan demografis antara agama-agama besar dunia. menemukan fakta populasi Muslim di dunia akan tumbuh sebesar 73 persen antara 2010 dan 2050. Sedangkan pertumbuhan agama Kristen sebesar 35 persen.

Sementara itu populasi dunia akan tumbuh sebesar 37 persen pada periode yang sama. Jika tingkat pertumbuhan terus melewati 2050, umat Islam akan melebihi jumlah orang Kristen pada 2070, seperti dilansir dari publikasi Telegraph.co.uk, Rabu (01/03/2017).

Diungkapkan pula umat Islam akan membentuk 10 persen dari penduduk Eropa. Pertumbuhan populasi umat Muslim ini dikarenakan umat Muslim biasanya memiliki jumlah anak lebih banyak dari umat Kristen. 

Adanya penurunan jumlah populasi Kristen juga dikarenakan banyak umat Kristiani yang memutuskan berpindah agama atau memilih menjadi ateis. Ateis, agnostik dan orang-orang non-religius akan menurun dari 16,4 persen dari populasi dunia menjadi 13,2 persen pada 2050. Pertumbuhan golongan ini akan terlihat di Eropa dan Amerika Utara.

Laporan ini juga merangkum temuan dari survei tahun lalu terkait sikap Eropa terhadap Muslim. Mayoritas di Hungaria, Italia, Polandia dan Yunani melihat umat Islam secara negatif. Sedangkan sikap negatif terhadap umat Islam berkurang di Prancis, Jerman, Inggris dan di tempat lain di Eropa Utara dan Barat.

Di Negeri Paman Sam, jumlah pemeluk Islam pun diprediksi akan melonjak tajam. PRC menjelaskan pada 2016 ada sebanyak 3,3 juta Muslim di AS atau satu persen dari total populasi negara tersebut. Namun, pada 2050, angka ini akan berubah menjadi 2,1 persen dari total penduduk AS.

Dengan hadirnya gerakan dakwah yang terus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh minoritas Muslim di AS atau Dunia Barat pada umumnya. Dengan demikian, prediksi PRC tersebut akan sejalan dengan pemahaman bahwa Islam merupakan agama yang rahmat bagi semesta. “Dan akhirnya, Islam will be the mercy to all humanity.

Menurut tokoh Muslim AS, Imam Shamsi Ali, hasil kajian ini merupakan kabar gembira bagi umat Islam, tidak hanya di AS, melainkan juga seluruh dunia. Diketahui, arus migrasi ke Eropa dan Amerika merupakan faktor penting yang menyebabkan kecenderungan popularitas Islam dunia. (nat/dbs)


Back to Top