Ikut Kembangkan Pariwisata Halal, Cape Town Afrika Selatan Garap Proyek Khulisa

gomuslim.co.id- Pernah dinobatkan sebagai destinasi terbaik versi TripAdvisor Traveler’s Choice Awards beberapa waktu lalu, kota Cape Town kini mulai menyasar sektor pariwisata halal. Ibukota Afrika Selatan itu kini sedang berupaya menjadi salah satu tujuan travel halal top dunia. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan kunjungan turis muslim dari berbagai negara.

Kota tersebut menjadikan Proyek Khulisa Western Cape sebagai andalan untuk menggaet wisatawan dari beberapa negara Teluk. Menurut lembaga promosi Western Cape, Wesgro, kunjungan dari turis negara-negara Teluk ke kota tersebut meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk mendukung tujuan itu, pemerintah setempat menandatangani kemitraan dengan Travel Dunia Dnata untuk mempromosikan Cape Town dan Western Cape di semua negara Teluk. "Saat ini, populasi Muslim global mencapai 1,6 miliar orang dengan sekitar 60 persen berada di bawah usia 30," kata Wesgro sebagaimana publikasi dari situs iafrics.

Wesgro menambahkan peluang pasar liburan keluarga berbasis halal kini sedang meningkat. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pembelanjaan pariwisata dalam beberapa tahun terakhir. "Kami berada di posisi tepat untuk meningkatkan pangsa pasar karena adanya kesamaan budaya yang kuat antara wilayah kami," ujarnya.

Afrika Selatan menempati posisi kesembilan terbaik di antara negara-negara non-Organisasi Kerjasama Internasional (OKI) untuk wisatawan OKI. Western Cape sangat ingin ambil bagian  dalam pasar pariwisata Muslim senilai 151 juta dolar AS. Mereka berharap proyek Khulisa mampu mempromosikan pariwisata halal yang lebih menarik di sana.

Untuk diketahui, Cape Town, Afrika Selatan merupakan salah satu kota dengan destinasi yang ramah muslim. Kota ini nyaman untuk traveling bagi wisatawan muslim karena memiliki masjid yang cukup banyak. Beberapa diantaranya seperti Masjid Auwal, Masjid Palm Tree, Masjid Nurul Islam dan Masjid Boorhanool Islam.

Tak hanya masjid-masjid ini yang terdapat di Cape Town. Ada juga sejumlah masjid kecil yang bisa ditemui di hampir setiap sudut kota. Kota ini sering menjadi tujuan traveling utama bagi para imigran dan ekspatriat di Afrika Selatan. Cape Town kini berkembang menjadi sebuah kota modern dengan iklim ramah, pemandangan alam indah dan tata kota yang khas dengan gaya arsitektur kombinasi Belanda, Jerman, Perancis dan Indonesia.

Selain itu, kota ini juga menjadi destinasi favorit turis di sekitar pertengahan tahun sebelum Ramadan tiba. Banyak yang wisata ke kawasan Kampung Muslim Bo Kaap yang menyediakan banyak restoran halal.

Dengan penduduknya yang terdiri atas multiras yang memiliki 11 bahasa resmi, Afrika Selatan kaya akan tempat wisata yang memiliki sisi keindahan dan historis yang menjadi surga tersendiri. Ditambah lagi, sisi eksotismenya yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung. (njs/iafrich/dbs)


Back to Top