Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2017 Sudah Dibuka Pemprov Jabar

gomuslim.co.id- Meski libur Lebaran Idul Fitri 1438 H masih sekitar tiga bulan lagi. Namun, Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan setempat, telah membuka pendaftaran bagi masyarakat umum ber-KTP Jabar untuk mengikuti program 'Mudik Gratis' Angkutan Lebaran Tahun 2017/1438 Hijriah. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 14 Februari 2017 untuk pemberangkatan tanggal 17 Juni 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, program rutin tahunan ini diselenggarakan dalam rangka penyediaan angkutan mudik yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

“Ada dua moda transportasi yang disediakan yaitu angkutan bus dan truk untuk kendaraan roda dua,” tukasnya.

Beberapa beberapa rute yang akan ditempuh ialah; Bandung-Solo (via Kebumen-Yogyakarta), Bandung-Semarang (via Cirebon), Bekasi-Solo (via Semarang), Bekasi-Solo (via Ciamis), Sukabumi-Solo (via Cirebon-Semarang). Kuota dari tiap kota itu masing-masing Bandung 22 bus, Bekasi 30 bus, dan Sukabumi delapan bus dengan kapasitas 44 kursi.

“Kami tidak memberikan batas waktu, menunggu hingga kuota terpenuhi baru pendaftaran ditutup. Untuk itu, kami meminta masyarakat yang ingin memanfaatkan kesempatan ini agar bergegas mendaftarkan diri,” lanjut Dedi.

Adapun, persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta mudik gratis, yakni; fotokopi KTP/SIM, Fotokopi Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran (untuk yang membawa balita), dan fotokopi STNK (khusus bagi pemudik yang membawa motor). Tempat pendaftarannya tiga, yakni Kantor Dishub Provinsi Jabar Jalan. Sukabumi No1 Bandung, Kantor Dishub Kota Bekasi Jalan Jenderal A Yani No.1 (Kantor Pemkot Bekasi), dan Kantor Dishub Kota Sukabumi Jalan Arief Rahman Hakim No. 25 Kota Sukabumi.

"Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses SMS Center Dishub Jabar, 08112255907," sambungnya.

Dengan adanya program “Mudik Gratis” dari Pemprov Jabar, diharapkan akan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas yang disebabkan oleh pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

"Ini juga salah satu upaya untuk mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh sepeda motor, biar mudiknya aman, nyaman, selamat sampai tujuan," pungkas Dedi.

Selain itu, perlu diketahui juga, tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang sudah bisa fungsional dilalui pemudik pada musim mudik lebaran tahun ini. Ketiga ruas jalan tol tersebut yakni tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Sementara Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol, yakni PT Jasa Marga, PT Waskita dan PT Sumber Mitra Jaya sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan dan bisa selesai tepat waktu untuk fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan arus mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah dilapisi beton.

Dengan fungsionalnya jalan tol trans Jawa sampai Semarang, alternatif untuk rekayasa lalu lintas semakin banyak, karena arus lalu lintas terpecah tidak lagi hanya terfokus di Brebes Timur seperti tahun lalu.

"Kalau nanti di Ngaliyan itu berfungsi arus dapat terpecah di Brebes, untuk langsung menuju Purwokerto jadi sudah banyak alternatif untuk rekayasa lalu lintas," ujar Basuki.

Hingga saat ini progres konstruksi pembangunan ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25 persen dan pembebasan lahannya mencapai 98 persen. (nat/dbs)

 


Back to Top